Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada Materi Pemanasan Global terhadap Pemahaman Konsep Fisika dan Keterampilan Komunikasi Peserta Didik di SMA Negeri 1 Suliki

Hidayah, Rahmawita (2024) Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada Materi Pemanasan Global terhadap Pemahaman Konsep Fisika dan Keterampilan Komunikasi Peserta Didik di SMA Negeri 1 Suliki. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (cover dll)
RAHMAWITA HIDAYAH.1914080011.COVER-DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (883kB)
[img] Text (BAB I)
RAHMAWITA HIDAYAH.1914080011.BAB I.pdf - Published Version

Download (264kB)
[img] Text (BAB III)
RAHMAWITA HIDAYAH.1914080011.BAB III.pdf - Published Version

Download (333kB)
[img] Text (BAB V DAN DAFTAR PUSTAKA)
RAHMAWITA HIDAYAH.1914080011.BAB V DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (223kB)
[img] Text (Fulltext)
RAHMAWITA HIDAYAH.1914080011.FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman konsep dan keterampilan komunikasi peserta didik dengan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada materi Pemanasan Global kelas X Fase E SMA Negeri 1 Suliki. Jenis penelitian ini adalah quasy experimental dengan randomized control grup only posttest desaign. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X Fase E SMA Negeri 1 Suliki tahun ajaran 2023/2024. Populasi berjumlah 280 orang yang terdiri dari 8 kelas. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling. Sampel yang terpilih sebagai kelas ekperimen adalah kelas X.E.5 dan kelas kontrol X.E.6. Instrumen penelitian yang digunakan untuk pemahaman konsep adalah tes essay, data yang diperoleh di uji menggunakan uji hipotesis t-Test : Two Sample Assuming Equal Variance. Sedangkan instrumen untuk keterampilan komunikasi menggunakan lembar observasi dengan analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman konsep peserta didik lebih baik menggunakan model inkuiri terbimbing dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional berdasarkan analisis data yang dilakukan. Rata-rata pemahaman konsep peserta didik dengan pembelajaran menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing 81,65 dan nilai rata-rata pembelajaran dengan model pembelajaran konvensional 67,97. Berdasarkan uji-t pada penelitian, hasil t-Test : Two Sample Assuming Equal Variance pemahaman konsep diperoleh nilai thitung 5,84> ttabel 1,66 dapat disimpulkan bahwa Hi diterima dan Ho ditolak. Hasil uji keterampilan komunikasi peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada komunikasi lisan sebesar 67,86% dan komunikasi tulisan 65,24%. Sedangkan untuk peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional pada komunikasi lisan sebesar 64,88% dan komunikasi tulisan 61,69%. Jadi penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing lebih baik dari model pembelajaran konvensional terhadap pemahaman konsep fisika dan keterampilan komunikasi peserta didik kelas X Fase E di SMA Negeri 1 Suliki.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing, Pemahaman Konsep Fisika, Keterampilan Komunikasi
Subjects: U Umum (General) > Fisika
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPA
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 28 Mar 2024 05:55
Last Modified: 28 Mar 2024 05:55
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/19643

Actions (login required)

View Item View Item