Pengaruh Penerapan Model Cooperatif Learning Tipe Window Shopping Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas VII di SMP Bakrie Utama

Elvan, Ariesta Nola (2024) Pengaruh Penerapan Model Cooperatif Learning Tipe Window Shopping Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas VII di SMP Bakrie Utama. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol.

[img] Text (Cover Daftar Isi)
COVER DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (734kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (567kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (372kB)
[img] Text (Full Text)
Nola Ariesta Elvan 2014010112 Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas VII SMP Bakrie Utama tahun pelajaran 2023/2024 disebabkan oleh kurangnya keterlibatan peserta didik dalam pembelajaran. Akibatnya, sebagian besar peserta didik belum mencapai KKM yang telah ditetapkan yaitu 80. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk mengatasi rendahnya hasil belajar peserta didik tersebut adalah Penerapan Model Cooperatif Learning Tipe Window Shopping. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi pekerti yang menggunakan Model Cooperatif Learning Tipe Window Shopping. Jenis penelitiannya adalah penelitian pre-eksperimen dengan desain penelitian one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMP Bakrie Utama tahun pelajaran 2023/2024. Pengambilan sampel dilakukan dengan Simple Random Sampling, kelas yang digunakan untuk penelitian yaitu kelas VII.A. Berdasarkan analisis SPSS versi 23, Hasil penelitian yang dilakukan dengan analisis uji t pada uji hipotesis uji paired sample t test diperoleh hasil uji t dua sisi (2-tailed) yaitu 0,000 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan Ha diterima dan H0 ditolak atau terdapat pengaruh model pembelajaran Cooperatif Learning Tipe Window Shopping terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas VII di SMP Bakrie Utama.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Cooperatif Learning, Window Shopping, Hasil Belajar
Subjects: Agama Islam
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 21 May 2024 07:46
Last Modified: 21 May 2024 07:49
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/19633

Actions (login required)

View Item View Item