Pengaruh Penerapan Strategi The Learning Cell Terhadap Kreativitas Belajar Peserta didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas X SMA Negeri 2 Koto XI Tarusan

Salsabila, Zakia (2024) Pengaruh Penerapan Strategi The Learning Cell Terhadap Kreativitas Belajar Peserta didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas X SMA Negeri 2 Koto XI Tarusan. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover-Zakia Salsabila)
COVER-DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (864kB)
[img] Text (BAB I-Zakia Salsabila)
BAB I 1-13.pdf - Published Version

Download (722kB)
[img] Text (BAB III-Zakia Salsabila)
BAB III 41-52.pdf - Published Version

Download (496kB)
[img] Text (BAB V-Zakia Salsabila)
BAB V-DAPUS 81-86.pdf - Published Version

Download (465kB)
[img] Text (SKRIPSI FULLTEXT ZAKIA SALSABILA)
SKRIPSI FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Rendahnya kreativitas belajar peserta didik kelas X di SMA Negeri 2 Koto XI Tarusan pada tahun ajaran 2023/2024 dan kurangnya keinginan peserta didik dalam belajar saat melaksanakan kegiatan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan budi Budi Pekerti merupakan hal yang melatarbelakangi penulisan skripsi ini. Sebagian besar peserta didik enggan untuk mengeluarkan ide atau gagasan dari pemikirannya ketika guru memberikan pertanyaan ataupun saat diskusi. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk mengatasi rendahnya kreativitas belajar peserta didik dalam pembelajaran tersebut adalah dengan menggunakan strategi The Learning Cell pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Tujuan dalam penulisan skripsi ini yaitu (1) Untuk mengetahui penerapan strategi pembelajaran The Learning Cell pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMA Negeri 2 Koto XI Tarusan. (2) Untuk mengetahui kreativitas belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti di SMA Negeri 2 Koto XI Tarusan. (3) Untuk mengetahui pengaruh strategi The Learning Cell terhadap kreativitas peserta didik pada mata pelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti kelas X di SMA Negeri 2 Koto XI Tarusan. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen yang melibatkan dua kelas berbeda, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 54 responden. Adapun responden dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XE 6 sebagai kelas eksperimen dan XE 8 sebagai kelas kontrol. Penentuan sampel menggunakan teknik random sampling. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata skor angket kreativitas belajar peserta didik pada kelas eksperimen 81,16, rata-rata skor angket kreativitas belajar peserta didik pada kelas kontrol 68,18. Berdasarkan uji hipotesis dengan SPSS versi 26 diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar = 0,000 maka diambil kesimpulan bahwa (0,000 < 0,05). Sehingga dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti terdapat pengaruh penerapan strategi pembelajaran The Learning Cell terhadap kreativitas belajar peserta didik kelas X di SMAN 2 Koto XI Tarusan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi The Learning Cell, Kreativitas Belajar, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Subjects: U Umum (General) > Pendidikan
Agama Islam > Agama Islam Umum > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 26 Mar 2024 07:22
Last Modified: 26 Mar 2024 07:22
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/19238

Actions (login required)

View Item View Item