Pengembangan E-Modul Merdeka Belajar Berbasis Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik

Juitaasri, Reza Aulia (2023) Pengembangan E-Modul Merdeka Belajar Berbasis Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover dan Pengesahan)
Reza aulia asrijuita. NIM 1814080056. Cover dll.pdf - Published Version

Download (552kB)
[img] Text (BAB I)
Reza Aulia Asrijuita. NIM 1815080056. BAB I.pdf - Published Version

Download (344kB)
[img] Text (BAB III)
Reza Aulia Asrijuita. NIM 1814080056. BAB III.pdf - Published Version

Download (324kB)
[img] Text (BAB V)
Reza Aulia Asrijuita. NIM 1814080056. BAB V .pdf - Published Version

Download (289kB)
[img] Text
Reza Aulia Asrijuita. NIM 1814080056.Skripsi Full Teks .pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan kualitas e-modul merdeka belajar berbasis problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik yang valid, praktis dan efektif. Analisis data secara kuantitatif dan kualitatif.Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan menggunakan model Plomp yang terdiri dari tiga tahap yaitu : Pada tahap pendahuluan ini ada dua tahap yaitu analisis kebutuhan dan studi literatur. Tahap pengembangan atau prototype dilakukan perancangan terhadap e-modul merdeka belajar berbasis problem based learning yang terlebih dahulu divalidasi oleh tiga orang ahli. Dari aspek kelayakan materi/soal, konstruksi dan bahasa menggunakan angket validasi. Selanjutnya pada tahap penilaian produk di uji coba kepada 1 orang pendidik SMAN 15 PADANG dan 28 orang peserta didik untuk mengetahui tingkat kepraktisan dan keefektifan produk. Hasil penelitian menunjukan bahwa produk berupa e-modul merdeka belajar berbasis problem based learning sudah valid, praktis dan efektif. Hasil validasi menunjukan sangat valid dengan skor 86 % dengan presentase uji kelayakan materi 85 % Kelayakan soal 86%, kelayakan konstruksi 80% dan kelayakan Bahasa 92%. Uji kepraktisan produk dengan angket skor rata-rata kategori sangat praktis dengan prsentase 1 orang pendidik mendapatkan rata-rata 88,3% dan 28 orang peserta didik 87%, sedangkan keefektifan dikategorikan efektif dengan skor rata-rata oleh hasil soal tes peserta didik 85,1% dengan kategori sangat efektif. Maka produk berupa e-modul sudah valid, praktis dan efektif dan dapat digunakan untuk melatih kemampuan berpikir kritis peserta didik terutama pada materi suhu, kalor dan perpindahan kalor dan teori kinetik gas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: E-Modul Merdeka Belajar, Problem Based Learning, Kemampuan Berpikir Kritis
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 06 Feb 2024 02:01
Last Modified: 06 Feb 2024 02:01
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/18405

Actions (login required)

View Item View Item