PENGEMBANGAN MODEL SUPERVISI AKADEMIK BERBASIS KLINIS PADA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI SMA DI PROVINSI SUMATERA BARAT

Erwanto, - (2023) PENGEMBANGAN MODEL SUPERVISI AKADEMIK BERBASIS KLINIS PADA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI SMA DI PROVINSI SUMATERA BARAT. Doctoral thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover-Daftar Isi)
Erwanto_88317366_cover-Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (764kB)
[img] Text (BAB I)
Erwanto_88317366_BAB I.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
Erwanto_88317366_BAB III.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB V & Daftar Pustaka)
Erwanto_88317366_BAB Vdan Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (FUULTEXT)
Erwanto_88317366_FULLTEXT.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Isu sentral dalam penelitian ini adalah belum efektifnya dan komprehensifnya implementasi supervisi akademik pengawas PAI SMA di Provinsi Sumatera Barat. Sehingga berdampak pada kinerja sebagian guru PAI dalam merealisasikan pembelajaran yang berkualitas dan dinamis menuju profesionalisme. Pembinaan tersebut mestinya berupa bimbingan dan tuntunan serta mengembangkan kesanggupannya untuk dapat mengatasi dan menyelesaikan masalah-masalah yang dihadapi guru PAI tersebut. Bimbingan yang dilaksanakan oleh pengawas PAI terhadap guru PAI tersebut dalam bentuk supervisi akademik berbasis klinis. Pelaksanaan supervisi akademik berbasis klinis pada guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMA di Sumatera Barat sudah dilaksanakan. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal perlu disempurnakan pelaksanaannya dengan pengembangan model supervisi akademik berbasis klinis pada guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMA di Provinsi Sumatera Barat. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan supervisi akademik berbasis klinis pada guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMA di Provinsi Sumatera Barat. 2) Mengembangkan model supervisi akademik berbasis klinis pada guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMA di Provinsi Sumatera Barat. 3) Menguji apakah model supervisi akademik berbasis klinis pada guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMA di Provinsi Sumatera Barat yang dihasilkan valid, efektif dan praktis diterapkan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan (R&D) yang mengacu kepada model yang dikembangkan oleh Sivasailam Thiagarajan. Prosedur pengembangan model tersebut menggunakan langkah 4-D. Analisis data menggunakan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Temuan peneliti dalam penelitian ini adalah: 1) Pelaksanaan supervisi akademik berbasis klinis pada Guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMA di Provinsi Sumatera Barat belum maksimal. Namun sebagian sintaks supervisi sudah dijalankan, tetapi supervisi yang dilaksanakan belum sepenuhnya memecahkan permasalahan serta memberi solusi bagi Guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMA di Provinsi Sumatera Barat. 2) Dikembangkan model supervisi akademik berbasis klinis pada Guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMA di Provinsi Sumatera Barat. 3) Model supervisi akademik berbasis klinis pada Guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMA di Provinsi Sumatera Barat sudah memenuhi unsur validitas, praktikalitas, dan efektifitas.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Agama Islam > Agama Islam Umum > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Program Pascasarjana > Program Doktor > Pendidikan Islam
Depositing User: Pusat Riset Pascasarjana
Date Deposited: 02 Jan 2024 06:59
Last Modified: 02 Jan 2024 06:59
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/17652

Actions (login required)

View Item View Item