PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN ROUND CLUB UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V SD NEGERI 02 BATUHAMPAR

Hikmah, Lailatul (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN ROUND CLUB UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V SD NEGERI 02 BATUHAMPAR. Skripsi thesis, FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN.

[img] Text (COVER)
COVER.pdf - Published Version

Download (958kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (320kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (466kB)
[img] Text (BAB V - DAFTAR PUSTAKA)
BAB V.pdf - Published Version

Download (259kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pendidik belum memanfaatkan model pembelajaran secara maksimal. Dalam proses pembelajaran, guru terlalu fokus pada ceramah, latihan soal dan kurang memperhatikan motivasi belajar siswa, sehingga siswa kurang efektif dan berpartisipasi dalam kegiatan pembelajaran. Oleh karena itu penggunaan model pembelajaran Round Club sangat diperlukan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan peningkatan motivasi belajar siswa dengan model pembelajaran Round Club dengan tidak digunakan model pembelajaran Round Club. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif jenis penelitian eksperimen dengan design penelitian Posttest-Only Control Design. Teknik analisis data menggunakan uji “t” dengan pengolahan data menggunakan SPSS Versi 20 windows dan Ms. Excel. motivasi belajar siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas V SD Negeri 02 Populasi dalam penelitian ini siswa kelas V SD Negeri 02 Batuhampar yang berjumlah 60 orang dengan sampel sebanyak 40 orang. Sampel penelitian ini dibagi menjadi dua kelas yaitu kelompok eksperimen yang menerima pemebalajaran dengan model Round Club, dan kelas kontrol yang menerima pembelajaran menggunakan metode caramah. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa penerapan model Round Club pada pembelajaran Bahasa Indonesia memiliki pengaruh positif terhadap motivasi belajar. Kelas eksperimen menunjukan hasil peningkatan motivasi belajar yang lebih baik dari kelas kontrol ditunjukan dengan hasil pengolahan data menggunakan SPSS 20.0 for windows. Berdasarkan uji independent samples test pada SPSS 20.0 for windows diperoleh sig ɑ dalam dua sisi atau sig (2-tailed) sebesar 0,003 maka dapat diambil kesimpulan bahwa (0,003< 0,05). Selain juga diambil keputusan dari nilai T_{hitung}, yakni nilai T_{hitung}\ > T_{tabel} (1,697 > 1,685). Artinya terdapat perbedaan model Round Club dengan yang tidak menggunakan model Round Club dan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa di kelas V SD Negeri 02 Batuhampar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran, Round Club, Motivasi Belajar
Subjects: U Umum (General) > Pendidikan
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 16 Oct 2023 06:09
Last Modified: 16 Oct 2023 06:09
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/17567

Actions (login required)

View Item View Item