Jasrita, Faradilla Aira (2018) PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK YANG BELAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY DAN JIGSAW DI KELAS VIII SMPN 2 SINTUK TOBOH GADANG. Skripsi thesis, UIN IB Padang.
Text (COVER dan Abstrak)
Cover, Persetujuan dan Abstrak 1.pdf - Published Version Download (272kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I skripsi.pdf - Published Version Download (107kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II skripsi.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (196kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III Skripsi.pdf - Published Version Download (450kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV Skripsi.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (219kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V Skripsi.pdf - Published Version Download (85kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (55kB) |
|
Text (FULL Gabungan)
gabungan.pdf - Published Version Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika peserta didik kelas VIII SMPN 2 Sintuk Toboh Gadang. Hasil belajar rendah dikarenakan model pembelajaran yang digunakan pendidik belum bervariasi dan peserta didik tidak mau berbagi informasi saat belajar, sehingga berdampak terhadap hasil belajar peserta didik. Salah satu cara yang dapat diterapkan untuk menyelesaikan permasalahan tersebut yaitu dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray dan Jigsaw. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui hasil belajar matematika peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Straylebih tinggi dari pada pembelajaran biasa, 2) Mengetahui hasil belajar matematika peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw lebih tinggi dari pada pembelajaran biasa, 3) Mengetahui perbedaan hasil belajar matematika peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray dan Jigsaw. Penelitian ini merupakan penelitian quasy experiment dan rancangan penelitian yang digunakan adalah Randomized Control Group Only Design. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMPN 2 Sintuk Toboh Gadang. Teknik pengambilan sampel random sampling. Diperoleh kelas VIII.2 sebagai kelas eksperimen I (TSTS), kelas VIII.3 sebagai kelas eksperimen II (Jigsaw) dan kelas VIII.4 sebagai kelas kontrol (pembelajaran biasa). Instrumen yang digunakan berupa tes akhir hasil belajar matematika. Waktu penelitian ini dimulai tanggal 28 Agustus - 22 September 2017 di SMP N 2 Sintuk Toboh Gadang tahun ajaran 2017/2018 semester ganjil. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata hasil belajar matematika peserta didik dengan model pembelajaran tipe Two Stay Two Strayadalah 82,46, dengan tipe Jigsaw adalah 75,56 dan Pembelajaran Biasa adalah 66,54.Setelah dilakukan uji hipotesis menggunakan uji-t, dengan taraf kepercayaan 95%, dan ttabel = 1,64 diperoleh hipotesis I dengan thitung = 4,61, ini berarti thitung> ttabel sehingga hasil belajar matematika peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran Two Stay Two Straylebih tinggi dari pada pembelajaran biasa. Hipotesis II dengan ttabel = 1,64 dan thitung= 2,41, ini berarti thitung> ttabel, sehingga hasil belajar matematika peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran Jigsaw lebih tinggi dari pada pembelajaran biasa. Hipotesis III dengan ttabel = 1,96 dan thitung = 2,18, ini berarti thitung> ttabel, makaterdapat perbedaan hasil belajar matematika peserta didik yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray dan Jigsaw. Jadi dapat disimpulkan terdapat perbedaan hasil belajar matematika peserta didik yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray dan Jigsaw. kata kunci : Hasil Belajar Matematika, Model Pembelajaran Kooperatif Two Stay Two Stray dan Jigsaw
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Matematika |
Depositing User: | Users 28 not found. |
Date Deposited: | 14 Nov 2018 03:05 |
Last Modified: | 14 Nov 2018 03:06 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/1713 |
Actions (login required)
View Item |