Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Peserta Didik di SMPN 1 VII Koto Sungai Sarik Kabupaten Padang Pariaman

Susi Riyanti, Riyanti (2018) Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Peserta Didik di SMPN 1 VII Koto Sungai Sarik Kabupaten Padang Pariaman. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover, Persetujuan, Abstrak)
COVER, PERSETUJUAN DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version

Download (572kB)
[img] Text (Daftra Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (760kB)
[img] Text (File Gabungan)
SKRIPSI LENGKAP.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (24MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Peserta Didik di SMPN 1 VII Koto Sungai Sarik Kabupaten Padang Pariaman”. Oleh Susi Riyanti Nim:1314010552. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Imam Bonjol Padang. Penelitian ini dilatarbelakangi pada saat proses pembelajaran berlangsung terdapat peserta didik yang meribut dan keluar masuk kelas. Jumlah peserta didik yang keluar masuk kelas saat proses pembelajaran adalah 5 dari 26 peserta didik. Terkait dengan kegiatan karakter peserta didik, peserta didik harus mematuhi tata tertib dan berprilaku sesuai dengan tata tertib disekolah. Dengan hal tersebut masih ada peserta didik yang melanggar peraturan sekolah sehingga peserta didik memperlihatkan prilaku yang tidak baik. Hal itu terjadi karena terpengaruh dengan teman bermain sehingga peserta didik melanggar peraturan sekolah dan memiliki karakter yang tidak baik. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam membentuk karakter peserta didik di SMPN 1 VII Koto Sungai Sarik Kabupaten Padang Pariaman? Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana perencanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam membentuk karakter peserta didik, pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam membentuk karakter peserta didik, evaluasi pembelajaran pendidikan agama Islam dalam membentuk karakter peserta didik, dan hasil pembelajaran pendidikan agama Islam dalam membentuk karakter peserta didik. Jenis penelitian adalah penelitian lapangan (field research) dengan metode deskriptif yang bertujuan menggambarkan sesuatu yang nyata. Sumber data: kepala sekolah, guru PAI kelas VIII dan peserta didik kelas VIII SMPN 1 VII Koto Sungai Sarik. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengolahan data dan analisis data mengunakan analisa deskriptif kualitatif, penyajian data, analisis data dan kesimpulan. Hasil yang penulis dapatkan adalah: 1) Perencanaan pembelajaran PAI dalam membentuk karakter. Dalam perencanaannya guru PAI membuat perencanaan pembelajaran berupa RPP dengan mempertimbangkan (KI, KD, Indikator Pencapaian kompetensi, tujuan, materi, pendekatan, model, metode, media, alat dan sumber pembelajaran) dan perencanaan pembelajaran tertulis lainnya seperti program tahunan, program semester, silabus, dan kriteria ketuntasan minimum. Hal tersebut dilakukan oleh guru PAI agar tujuan pembelajaran PAI dapat terlaksana dan dapat membentuk karakter peserta didik. 2) Pelaksanaan pembelajaran PAI dalam membentuk karakter. Dalam pelaksanaannya guru PAI menggunakan langkah-langkah pembelajaran yang baik sesuai dengan RPP dan menggunakan materi, metode, pendekatan dan media yang menarik agar dapat membentuk karakter peserta didik. 3) Evaluasi pembelajaran PAI dalam membentuk karakter. Guru PAI dalam melakukan evaluasi menggunakan teknik penilaian autentik yang meliputi penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Penilaian tersebut dilakukan untuk mengetahui sikap, pengetahuan dan keterampilan peserta didik setelah mempelajari materi yang diajarkan guru. 4) Hasil Pembelajaran PAI dalam membentuk karakter adalah berlangsung efektif dimana guru dalam menjelaskan materi pembelajaran secara rinci dan jelas, sehingga peserta didik memahami pelajaran yang diajarkan guru serta memiliki karakrter yang baik setelah menerima pembelajaran. Hal tersebut dilihat dari nilai pengetahuan, sikap religius, sikap sosial dan keterampilan peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Users 25 not found.
Date Deposited: 05 Nov 2018 07:30
Last Modified: 05 Nov 2018 07:30
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/1677

Actions (login required)

View Item View Item