Analisis Penerapan Model Discovery Learning dalam Pembelajaran Tematik Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Sekolah Dasar

Anggara, Repita (2023) Analisis Penerapan Model Discovery Learning dalam Pembelajaran Tematik Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Sekolah Dasar. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI IMAM BONJOL PADANG.

[img] Text (Cover, Abstrak dan Pengesahan)
Cover, Abstrak dan Pengesahan.pdf - Published Version

Download (683kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I REPITA.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III REPITA.pdf - Published Version

Download (620kB)
[img] Text (BAB V dan Daftar Pustaka)
BAB V REPITA.pdf - Published Version

Download (615kB)
[img] Text (Full Text)
REPITA Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui langkah-langkah Penerapan Model Discovery Learning dalam Pembelajaran Tematik terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Sekolah Dasar; 2) memaparkan pelaksanaan Model Discovery Learning dalam Pembelajaran Tematik terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Sekolah Dasar; 3) mengidentifikasi peran Model Discovery Learning dalam Pembelajaran Tematik terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Sekolah Dasar. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kepustakaaan (library research) dengan menggunakan pendekatan deskriptif analitis. Analisis data kualitatif dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menghasilkan tiga kesimpulan, yakni: 1) Langkah-langkah model Discovery Learning yaitu: a. Memberikan stimulus kepada Peserta didik, b. Mengidentifikasi permasalahan yang relevan dengan bahan pelajaran, merumuskan masalah kemudian menentukan jawaban sementara (hipotesis), c. Membagi Peserta didik menjadi beberapa kelompok untuk melakukan diskusi, d. Memfasilitasi Peserta didik dalam kegiatan pengumpulan data, kemudian mengolahnya untuk membuktikan jawaban sementara (hipotesis), e. Mengarahkan Peserta didik untuk menarik kesimpulan berdasarkan hasil pengamatannya, f. Mengarahkan Peserta didik untuk mengomunikasikan hasil temuannya. 2) Dalam pelaksanannya, penerapan model Discovery Learning menuntut Peserta didik untuk berpikir kritis, aktif dan menjadi pembelajaran yang mandiri. Peserta didik diajukan pada masalah untuk merangsang keingintahuan mereka. Peserta didik melakukan penyelidikan untuk menjawab keingintahuannya tersebut. Selanjutnya dengan melakukan penyelidikan, peserta didik menjadi pembelajar yang mandiri, dengan sendiri menemukan konsep dari materi yang dipelajari. Informasi yang didapat dari pengalaman sendiri akan lebih dipahami dan bertahan lama dalam ingatan, sehingga berimplikasi terhadap cara berpikir yang terlihat dari hasil belajar yang diperoleh. Oleh karena itulah penerapan model Discovery Learning berpengaruh positif terhadap pembelajaran. 3) Peran model Discovery Learning yaitu: a. Peserta didik aktif dalam belajar, b. Peserta didik berpikir secara mendalam, c. Peserta didik aktif untuk bertanya, d. Peserta didik dilatih untuk mencari informasi, e. Peserta didik dilatih untuk mengemukakan pendapat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Discovery Learning, Tematik, Berpikir Kritis
Subjects: L Education > L Education (General)
U Umum (General) > Ilmu Sosial > Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 13 Oct 2023 04:04
Last Modified: 13 Oct 2023 07:03
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/16621

Actions (login required)

View Item View Item