Pengaruh Model Learning Start With A Question (LSQ) Terhadap Peningkatan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran IPS Kelas VIII di SMPN 2 Koto XI Tarusan

Sari, Putri Amelia (2023) Pengaruh Model Learning Start With A Question (LSQ) Terhadap Peningkatan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran IPS Kelas VIII di SMPN 2 Koto XI Tarusan. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI IMAM BONJOL PADANG.

[img] Text (FULL TEXT SKRIPSI PUTRI)
FULL TEXT SKRIPSI PUTRI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)
[img] Text (Cover, Abstrak, Pengesahan, Persetujuan, Kata Pengantar, Daftar Isi)
Cover, Abstrak, Pengesahan, Persetujuan, Kata Pengantar, Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I .pdf - Published Version

Download (409kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III .pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB V- Daftar Pustaka)
BAB V - Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa permasalahan yang dihadapi dalam pembelajaran pada peserta didik kelas VIII di SMP N 2 Koto XI Tarusan, diantaranya: kemampuan berfikir kritis peserta didik rendah, hal ini bisa dilihat dari keaktifan peserta didik dalam bertanya di dalam kelas. Berdasarkan observasi yang telah penulis lakukan banyaknya peserta didik tidak mau bertanya dalam proses pembelajaran dan tidak mampu menjawab pertanyaan dari guru. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui sejauh mana model pembelajaran Learning Start With A Question dapat Berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan berfikir kritis peserta didik kelas eksperimen, untuk mengetahui apakah model ceramah dan tanya jawab dapat berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan berfikir kritis peserta didik pada kelas control, untuk mengetahui bangaimana perbandingan berfikir kritis kelas eksperimen dengan berfikir kritis kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Quasy eksperiment dengan rancangan penelitian posstest only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelasVIII di SMP N2 Koto XI Tarusan sampel penelitian yaitu kelas VIII-3 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-4 sebagai kelas control di SMP N 2 Koto XI Tarusan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket Post-test. Data analisis secara deskriptif yang didahuli dengan uji prasyarat berupa uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis menggunakan uji-t. Hasil penelitian ini diperoleh model pembelajaran Learning Start With A Question, dilihat dari angket yang telah diisi oleh peserta didik di kelas eksperimen terdapat 87,5% peserta didik mengalami peningkatan berfikir kritis pada kelas eksperimen sedangakan kelas control terdapat 50% peserta didik menyatakan model ceramah dan tanyaa jawab berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan berfikir kritis peserta didik. Hasil perhitungan uji-t dengan taraf signifikan 5% diperoleh t_hitung>t_tabel, dengan demikian maka t_hitung(4,662) > t_tabel (2,042) maka H_Oditolak dan H_a diterima, oleh karena itu terdapatpengaruh penggunakaan model pembelajaran Learning Start With A Question terhadap peningkatan kemampuan berfikir kritis peserta didik di kelas VIII di SMP N 2 Koto XI Tarusan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Start With A Question, Kemampuan Berfikir Kritis, Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Subjects: L Education > L Education (General)
U Umum (General) > Ilmu Sosial > Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPS
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 13 Oct 2023 09:18
Last Modified: 13 Oct 2023 09:18
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/16435

Actions (login required)

View Item View Item