Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Menggunakan Aplikasi Canva Berbantuan QuizizzTerhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas XI SMA/MA

Sukma, Andi Inesia (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Menggunakan Aplikasi Canva Berbantuan QuizizzTerhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas XI SMA/MA. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

This is the latest version of this item.

[img] Text (cover, pengesahan, abstrak, daftar isi)
cover 2.pdf - Published Version

Download (613kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (183kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (307kB)
[img] Text (BAB V dan pustaka)
BAB V dan Pustaka.pdf - Published Version

Download (189kB)
[img] Text (full text)
Skripsi FIX Andi Inesia Sukma fix.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena dunia telah memasuki Revolusi 4.0 abad 21 dimana dalam menghadapi revolusi industri ini teknologi dan informasi menjadi basis dalam kehidupan manusia. Keterampilan utama yang dibutuhkan pada abad 21 ini salah satunya adalah kemampuan berpikir kritis. Namun kemampuan berpikir kritis peserta didik di Indonesia masih tergolong rendah. Penyebab rendahnya keterampilan berpikir kritis peserta didik salahsatunya dipengaruhi oleh kurangnya pemanfaatan media pembelajaran berbasiskan teknologi yang meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menghasilkan media pembelajaran fisika berbantuan aplikasi quizizz yang dapat melatih kemampuan berpikir kritis peserta didik. Untuk itu dikembangkan media pembelajaran fisika menggunakan aplikasi canva berbantuan quizizz terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik yang valid, praktis dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Reasearch and Development (R&D). Dengan menggunakan model pengembangan EDDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu, tahap analisis, tahap perancangan, tahap pengembangan, tahap implementasi, dan tahap evaluasi. Analisis data secara kuantitatif dan kualitatif. Uji validitas media diberikan kepada 3 orang ahli. Dari aspek kelayakan materi/isi, konstruksi dan bahasa menggunakan angket validasi. Selanjutnya pada tahap penilaian produk diuji cobakan kepada 1 orang pendidik SMA N 12 Padang dan 20 orang peserta didik untuk dilihat nilai aspek kemampuan berpikir kritis setelah menggunakan produk. Teknik analisis yang digunakan adalah statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk media pembelajaran fisika menggunakan aplikasi canva berbantuan quizizz sudah valid, praktis dan efektif. Hasil validitas menunjukkan sangat valid dengan skor rata-rata 87% dangan persentase kalayakan materi/isi 89% kelayakan konstruksi 80% dan kelayakan bahasa 92%. Uji kepraktisan produk dengan angket skor rata-rata 88% kategori sangat praktis oleh 1 orang pendidik mendapatkan nilai rata-rata 90% dan 20 orang peserta didik mendapatkan nilai rata-rata 86%. Sedangkan keefektifan dikategorikan sangat efektif dengan skor rata-rata oleh hasil soal tes peserta didik 84%. Maka produk berupa media pembelajaran menggunakan aplikasi canva berbantuan quizizz sudah valid, praktis dan efektif dan dapat digunakan untuk melatih keterampilan berpikir kritis peserta didik terutama pada materi fluida dinamis dan fluida statis. Kata kunci : Media Pembelajaran Fisika, Canva, Quizizz, Kemampuan Berpikir Kritis, ADDIE

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Fisika, Canva, Quizizz, Kemampuan Berpikir Kritis, ADDIE
Subjects: U Umum (General) > Fisika
U Umum (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPA
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 06 Feb 2024 01:52
Last Modified: 06 Feb 2024 01:52
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/16332

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item