Noni Fatimah Zahara, Noni (2018) Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Disertai Lembar Kerja Peserta Didik Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Fisika Peserta Didik Kelas VII MTsN 1 Pasaman Barat. Skripsi thesis, UIN IB PADANG.
Text (COVER)
1 COVER.pdf - Published Version Download (339kB) |
|
Text
4 FILE GABUNGAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 1- 5)
2 BAB 1-V.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
3 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (467kB) |
Abstract
ABSTRAK Noni Fatimah Zahara (NIM. 1314080295) : Penerapan Model Pembelajaran CTL Disertai LKPD Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar IPA-Fisika Peserta Didik Kelas VII MTs Negeri 1 PasBar. Peserta didik kelas VII MTs N 1 Pasaman Barat masih rendah aktivitas dan hasil belajar IPA-fisikanya. Terlihat dari hasil ujian tengah semester yang masih di bawah KKM (75). Peserta didik pun masih pasif ketika belajar. Hal ini disebabkan oleh pembelajaran masih berpusat pada pendidik dan peserta didik kurang aktif di kelas karena belum paham dengan materi. Berbagai usaha telah dilakukan oleh pendidik dan hasilnya masih rendah. Solusi yang peneliti tawarkan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan suatu model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) disertai Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa aktivitas dan hasil belajar IPA fisika peserta didik yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran CTL disertai LKPD lebih tinggi daripada yang diajarkan dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Hipotesis (H1) yang dirumuskan pada penelitian ini adalah “Hasil belajar IPA fisika peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran CTL disertai LKPD lebih tinggi dibandingkan dengan menerapkan pembelajaran konvensional di kelas VII MTs N 1 Pasaman Barat”. Penelitian ini merupakan penelitian quasy experiment dan rancangan penelitian yang digunakan adalah randomized control only design. Populasi penelitian ini sebanyak 4 kelas yaitu seluruh kelas VII MTs N 1 Pasaman Barat yang terdaftar pada tahun ajaran 2017/2018. Sampel diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Diperoleh kelas VII.1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.3 sebagai kelas kontrol. Tes akhir hasil belajar diberikan pada kedua kelas sampel sebanyak 25 soal objektif. Teknik yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah dengan menggunakan uji kesamaan rata-rata satu arah melalui uji-t, karena data terdistribusi normal dan kelompok data mempunyai varians yang homogen. Uji-t dilakukan dengan bantuan program SPSS versi 17. Aktivitas belajar peserta didik di kelas eksperimen pada masing-masing indikator yaitu indikator memperhatikan, mengeluarkan pendapat, mengajukan pertanyaan, menjawab pertanyaan, mendengarkan pendapat dan membuat latihan adalah 74,01 ; 64,26 ; 62,12 ; 57,71 ; 64,21 ; 76,46 dengan rata-rata keseluruhan 66,46. Sedangkan pada kelas kontrol rata-ratanya yaitu 59,21 ; 45,19 ; 56,56 ; 45,45 ; 47,97 dan 67,92 dengan rata-rata keseluruhan 53,71. Rata-rata hasil tes akhir IPA pada kelas eksperimen adalah 76,48 dan pada kelas kontrol adalah 68,13. Berdasarkan uji hipotesis diperoleh hasil, thitung> ttabel (3,173 > 1,668) sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Dapat penulis simpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar IPA-fisika peserta didik yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran CTL lebih tinggi daripada yang diajarkan menggunakan pembelajaran konvensional di kelas VII MTs N 1 Pasaman Barat pada taraf kepercayaan 95%, dimana perapan model pembelajaran CTL dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA- fisika peserta didik kelas VII MTs N 1 Pasaman Barat.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPA |
Depositing User: | Users 30 not found. |
Date Deposited: | 23 Nov 2018 00:59 |
Last Modified: | 23 Nov 2018 01:00 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/1613 |
Actions (login required)
View Item |