PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN DENGAN METODE PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW (PQ4R) PESERTA DIDIK KELAS IV SDN 09 SUNGAI NANAM KABUPATEN SOLOK

Jannah Lailatul, Fira (2023) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN DENGAN METODE PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW (PQ4R) PESERTA DIDIK KELAS IV SDN 09 SUNGAI NANAM KABUPATEN SOLOK. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (COVER, PENGESAHAN, PERSETUJUAN PEMBIMBING, KATA PENGANTAR, DAFTAR ISI)
COVER, PENGESAHAN, PERSETUJUAN PEMBIMBING, KATA PENGANTAR, DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (413kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (497kB)
[img] Text (BAB V-DAFTAR PUSTAKA)
BAB V - DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (323kB)
[img] Text (FULL TEXT)
FIRA LAILATUL JANNAH (SKRIPSI).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan peserta didik dalam memahami isi bacaan, sebagian besar dari jumlah peserta didik bisa membaca tetapi tidak mampu dalam memahami isi bacaan, serta kurang mampu dalam membaca cepat dan lancar. Peserta didik kurang mampu dalam menangkap informasi yang disampaikan melalui bahan bacaan tersebut sehingga berdampak terhadap kemampuan membaca pemahaman peserta didik kelas IV di SDN 09 Sungai Nanam. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan menggunakan metode PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) dalam pembelajaran. Tujuan dalam penulisan skripsi ini yaitu untuk melihat kemampuan membaca pemahaman peserta didik sebelum menggunakan metode PQ4R dan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan terhadap kemampuan membaca pemahaman menggunakan metode PQ4R dan tanpa menggunakan metode PQ4R kelas IV SDN 09 Sungai Nanam. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (Quasi Exsperimen). Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa pada kelas IV A dan IV B. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik total sampling, kelas yang dipilih sebagai kelas eksperimen adalah IV B dan kelas kontrol IV A. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi, dan Test. Teknik analisis data dilakukan dengan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis menggunakan SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata tes akhir (post test) kemampuan membaca pemahaman kelas eksperimen 83 dan rata-rata nilai Tes Akhir kelas kontrol 67,17. Persentase ketuntasan belajar peserta didik kelas eksperimen 90% sedangkan pada kelas kontrol 38,89%. Berdasarkan uji hipotesis dengan SPSS Versi 25 diperoleh signifikan a dalam dua sisi (2-tailed) sebesar = 0,00 maka dapat diambil kesimpulan bahwa (0,00 < 0,05). Oleh karena itu dapat dikatakan H0 yang berbunyi tidak terdapat perbedaan hasil belajar dengan menggunakan metode PQ4R ditolak dan Ha diterima, yang artinya terdapat perbedaan kemampuan membaca pemahaman ketika penggunaan metode PQ4R dibandingkan dengan metode Ceramah pada mata pelajaran Bahasa Indonesia SDN 09 Sungai Nanam Kabupaten Solok.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode PQ4R, Kemampuan Membaca Pemahaman
Subjects: U Umum (General) > Bahasa Indonesia
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 31 Jan 2024 08:10
Last Modified: 31 Jan 2024 08:12
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/16057

Actions (login required)

View Item View Item