Persepsi Peserta Didik Terhadap Pelaksanaan Layanan Informasi Oleh Guru Bimbingan dan Konseling di Kelas VIII MTsN 1 Pesisir Selatan

Lisa Putriani, Lisa (2018) Persepsi Peserta Didik Terhadap Pelaksanaan Layanan Informasi Oleh Guru Bimbingan dan Konseling di Kelas VIII MTsN 1 Pesisir Selatan. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (cover, persetujuan pembimbing, abstrak)
pdf cover persetujuan abstrak.pdf - Published Version

Download (320kB)
[img] Text (bab I)
BAB 1 HASIL.pdf - Published Version

Download (333kB)
[img] Text (bab II)
BAB 2 HASIL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (312kB)
[img] Text (bab III)
BAB 3 HASIL.pdf - Published Version

Download (428kB)
[img] Text (bab IV)
BAB IV ISHA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (527kB)
[img] Text (bab V)
BAB V HASIL SHA.pdf - Published Version

Download (88kB)
[img] Text (daftar kepustakaan)
daftar pustaka pdf.pdf - Published Version

Download (252kB)
[img] Text (skripsi gabungan)
pdf.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
Official URL: http://uinib.ac.id

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini berjudul “Persepsi Peserta Didik Terhadap Pelaksanaan Layanan Informasi Oleh Guru Bimbingan dan Konseling di Kelas VIII MTsN 1 Pesisir Selatan” (Skripsi: 2018) yang disusun oleh Lisa Putriani, NIM 1314030889, mahasiswa jurusan Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Konsentrasi Bimbingan Konseling Islam (BKI) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Imam Bonjol Padang. Penelitian ini dilatarbelakangi permasalahan pelaksanaan layanan informasi oleh guru bimbingan dan konseling yang sudah cukup sering dilaksanakan namun masih terdapat kendala-kendala dalam pelaksanaanya. Peserta didik juga belum menerima, mengikuti, memahami dan mempraktekkan secara menyeluruh layanan informasi yang diberikan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana persepsi peserta didik terhadap pelaksanaan layanan informasi oleh guru bimbingan dan konseling di Kelas VIII MTsN 1 Pesisir Selatan. Adapun batasan masalah dari penelitian ini adalah : a)Persepsi peserta didik terhadap pelaksanaan layanan informasi dalam bidang pengembangan pribadi b)Persepsi peserta didik terhadap pelaksanaan layanan informasi dalam bidang pengembangan hubungan sosial c)Persepsi peserta didik terhadap pelaksanaan layanan informasi dalam bidang pengembangan kegiatan belajar d)Persepsi peserta didik terhadap pelaksanaan layanan informasi dalam bidang pengembangan karir. Tujuan dari penelitian ini adalah :a)Untuk mendeskripsikan persepsi peserta didik terhadap pelaksanaan layanan informasi dalam bidang pengembangan pribadi, b)Untuk mendeskripsikan persepsi peserta didik terhadap pelaksanaan layanan informasi dalam bidang pengembangan hubungan sosial, c)Untuk mendeskripsikan persepsi peserta didik terhadap pelaksanaan layanan informai dalam bidang pengembangan kegiatan belajar, dan d)Untuk mendeskripsikan persepsi peserta didik terhadap pelaksanaan layanan informasi dalam bidang pengembangan karir. Metode penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas VIII di MTsN 1 Pesisir Selatan yang berjumlah 245 orang dan yang dijadikan sampel penelitian berjumlah 63 orang. Teknik pengambilan sampel yaitu Random Sampling, sedangkan alat pengumpul data yaitu menggunakan angket. Data dianalisis dengan menggunakan teknik persentase dan SPSS 20. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan sebagai berikut: 1)Persepsi peserta didik terhadap pelaksanaan layanan informasi dalam bidang pengembangan pribadi yaitu memiliki persepsi dengan rata-rata 60,00 dikategorikan cukup baik. 2) Persepsi peserta didik terhadap pelaksanaan layanan informasi dalam bidang pengembangan hubungan sosial yaitu memiliki persepsi dengan rata-rata 52,32 dikategorikan cukup baik,3)Persepsi peserta didik terhadap pelaksanaan layanan informasi dalam bidang pengembangan kegiatan belajar yaitu memiliki persepsi dengan rata-rata 39,59 dikategorikan cukup baik, dan 4)Persepsi peserta didik terhadap pelaksanaan layanan informasi dalam bidang pengembangan karir yaitu dengan rata-rata 30,19 dikategorikan cukup baik. Persepsi adalah apa yang sebenarnya diamati oleh seseorang mengenai apa yang terjadi pada situasi tersebut. Kejadian pada situasi tersebut dapat berpengaruh pada tingkah laku seseorang. Persepsi dapat mempengaruhi tingkah laku seseorang terhadap suatu objek dan situasi lingkungannya. Dengan kata lain, tingkah laku seseorang terhadap suatu objek dipengaruhi oleh persepsinya. Persepsi yang penulis maksud dalam penelitian ini yaitu pentingnya, baik atau tidaknya, pemahamannya ataupun penerimaannya. Layanan informasi adalah layanan yang memberikan informasi yang dibutuhkan oleh individu. Informasi yang diperoleh individu sangat diperlukan agar individu lebih mudah dalam membuat perencanaan dan mengambil keputusan. Layanan informasi merupakan suatu layanan yang berupaya memenuhi kekurangan individu akan informasi yang mereka perlukan. Layanan informasi yang penulis maksud dalam penelitian ini adalah layanan informasi yang mencakup dalam bidang pribadi, bidang sosial, bidang belajar dan bidang karir.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects:
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam Konsentrasi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Users 27 not found.
Date Deposited: 27 Apr 2018 07:21
Last Modified: 27 Apr 2018 07:21
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/1601

Actions (login required)

View Item View Item