PENERAPAN METODE PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN FIKIH KELAS VII DI MTS BAITUL IHZA SITAPUS KECAMATAN SANGIR BATANG HARI KABUPATEN SOLOK SELATAN

MAHA GAGAR, ALAMSYAH (2018) PENERAPAN METODE PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN FIKIH KELAS VII DI MTS BAITUL IHZA SITAPUS KECAMATAN SANGIR BATANG HARI KABUPATEN SOLOK SELATAN. Skripsi thesis, UIN IB PADANG.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf - Published Version

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (470kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (527kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (444kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (494kB)
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (275kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR KEPUSTAKAAN)
DAFTAR KEPUSTAKAAN.pdf - Published Version

Download (306kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI LENGKAP)
SKRIPSI LENGKAP.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Judul skripsi ini adalah Penerapan Metode Picture and Picture untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Fikih Kelas VII di MTs Baitul Ihza Sitapus Kecamatan Sangir Batang Hari Kabupaten Solok Selatan, ditulis oleh Maha Gagar Alamsyah, NIM 1314010081 Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Imam Bonjol Padang. Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa masih banyak kendala yang dihadapi pendidik kelas VII di MTs Baitul Ihza Sitapus, yaitu kurangnya pemahaman peserta didik dalam memahami materi pembelajaran Fikih. Sehingga menyebabkan hasil belajar peserta didik kurang memuaskan. Oleh sebab itu perlu digunakan metode pembelajaran yang mampu melibatkan peserta didik untuk memahami materi dengan baik agar hasil belajar Fikih meningkat. Metode Picture and Picture dapat diterapkan agar peserta didik terlibat dalam proses pembelajaran dan bisa berfikir secara logis dan sistematis. Adapun rumusan dan batasan dalam penelitian ini antara lain bagaimana hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Fikih kelas VII A di MTs Baitul Ihza Sitapus menggunakan metode Picture and Picture, bagaimana hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Fikih kelas VII B di MTs Baitul Ihza Sitapus menggunakan metode konvensional, dan bagaimana perbedaan hasil belajar antara peserta didik menggunakan metode Picture and Picture dengan peserta didik yang menggunakan metode konvensional. Berdasarkan uraian di atas maka tujuan penelitian ini adalah untuk melihat hasil belajar peserta didik kelas VII A dengan menggunakan metode Picture and Picture, untuk melihat hasil belajar peserta didik pada kelas VII B dengan menggunakan metode konvensional dan untuk melihat perbedaan hasil belajar antara peserta didik menggunakan metode Picture and Picture dengan metode konvensional. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan rancangan Randomized Control Group Only Design. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VII MTs Baitul Ihza Sitapus Kecamatan Sangir Batang Hari yang terdaftar tahun pelajaran 2017/2018. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling, diperoleh sampel kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwaperolehan rata-rata nilai postest kelas eksperimen 81,22 dan rata-rata nilai postest kelas kontrol 71,83. Persentase ketuntasan belajar peserta didik postest kelas eksperimen adalah 78%, sedangkan pada kelas kontrol 57%. Setelah dilakukan uji hipotesis menggunakan uji anova dengan bantuan SPSS versi 22 didapatkan sign alpa (0,007.< 0,005), maka keputusannya adalah H0 ditolak dan Ha diterima artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar metode Picture and Picture dengan metode konvensional pada mata pelajaran Fikih kelas VII di MTs Baitul Ihza Sitapus Kecamatan Sangir Batang Hari Kabupaten Solok Selatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguran > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 25 not found.
Date Deposited: 18 Jul 2018 07:23
Last Modified: 18 Jul 2018 07:23
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/1511

Actions (login required)

View Item View Item