PADLI, PADLI (2018) USAHA GURU ASRAMA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN SANTRI KELAS VIII DI PONDOK PESANTREN THAWALIB KOTA PADANG. Skripsi thesis, UIN IB PADANG.
|
Text (COVER)
COVER.pdf - Published Version Download (431kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (645kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (920kB) |
||
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version Download (268kB) |
||
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (570kB) |
||
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Download (251kB) | Preview |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (330kB) |
||
Text (SKRIPSI LENGKAP)
SKRIPSI LENGKAP.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi ini berjudul “Usaha Guru Asrama Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Santri Kelas VIII di Pondok Pesantren Thawalib Kota Padang” Oleh Padli NIM : 1314010803 Jurusan Pendidikan Agama Islam FakultasTarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang. Pembahasan skripsi ini di latarbelakangi dengan banyaknya santri yang belum mampu membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar sesuai dengan kaidah-kaidah ilmu tajwid serta kurangnya minat dan motivasi santri untuk mengkuti pembelajaran membaca Al-Qur’an. Disamping itu banyak para santri yang keluar masuk ketika proses pembelajaran sedang berlangsung. Oleh sebab itu guru asrama sangat berperan untuk menumbuhkan semangat dan minat para santri dalam belajaran Al-Qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan usaha yang diterapkan guru asrama dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an santri kelas VIII di Pondok Pesantren Thawalib Kota Padang, kemampuan membaca Al-Qur’an santri kelas VIII di Pondok Pesantren Thawalib Kota Padang, dan kendala yang dihadapi guru asrama dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an santri kelas VIII di Pondok PesantrenThawalib Kota Padang. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah field research (penelitian lapangan) yang bersifat deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik pengelolaan data dengan teknik analisa deskriptip kualitatif, dengan langkah sebagai berikut memeriksa data, mengklarifikasi data, menganalisa data dan mengambil kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian penulis menyimpulkan bahwa usaha guru asrma dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an yaitu: (1) guru membuat beberapa program, program tahfidz, program kelompokdan program individu,(2) menggunakan beberapa metode, metode qiraati, metode iqra’, metode talaqqi, metode sas dan metode baghdadiyah, (3) guru memeberikan beberapa motivasi berupa reward dan pujian kepada santri, (4) santri sudah bisa membaca Al-Qur’an dengan kaidah ilmu tajwid dan menggunakan irama, tetapi masih ada sebagian kecil santri yang kurang lancar dalam membaca Al-Qur’an, (5)kendala yang ditemui guru asrama yaitu kurangnya motivasi dan minat santri, kemampuan santri yang beragam, dan jam pelajaran yang tidak mencukupi/kurang.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Users 25 not found. |
Date Deposited: | 05 Nov 2018 08:51 |
Last Modified: | 05 Nov 2018 08:52 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/1497 |
Actions (login required)
View Item |