Pengaruh model pembelajaran Role Playing, motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam kelas VIII MTsN 3 Pesisir Selatan

Nofsan, Rizka Afrimulia (2023) Pengaruh model pembelajaran Role Playing, motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam kelas VIII MTsN 3 Pesisir Selatan. Skripsi thesis, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

This is the latest version of this item.

[img] Text (Cover)
Rizka Afrimulia Nofsan NIM.1914010139 Cover, Pengesahan, Persetujuan Pembimbing, Abstrac Kata Pengantar, Daftar Isi pdf.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
Rizka Afrimulia Nofsan NIM. 1914010139 BAB I pdf.pdf - Published Version

Download (597kB)
[img] Text (BAB III)
Rizka Afrimulia Nofsan NIM. 1914010139 BAB III pdf.pdf - Published Version

Download (766kB)
[img] Text (BAB V-Daftar Pustaka)
Rizka Afrimulia Nofsan NIM. 1914010139 BAB V-Daftar Pustaka pdf.pdf - Published Version

Download (466kB)
[img] Text (Full Text)
Rizka Afrimulia Nofsan NIM.1914010139 Fulltext pdf.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penulisan Skripsi ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di kelas VIII MTsN 3 Pesisir Selata tahun 2022/2023. Guru masih banyak menggunakan metode ceramah dalam proses pembelajaran, sebagian peserta didik belum tekun menghadapi tugas, peserta didik kurang minat terhadap mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam, sehingga kurang memperhatikan penjelasan guru. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi rendahnya motivasi belajar peserta didik yaitu dengan menerapkan model pembelajaran Role Playing pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam. Tujuan dalam penulisan skripsi ini yaitu (1) Untuk mengetahui bagaimana motivasi belajar peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran konvensional pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam di kelas VIII MTsN 3 Pesisir Selatan (2) Untuk mengetahui bagaimana motivasi belajar peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran Role Playing pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam di kelas VIII MTsN 3 Pesisir Selatan (3) Untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran Role Playing terhadap motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam di kelas VIII MTsN 3 Pesisir Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen (Quasi Eksperimental Design). Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas VIII MTsN 3 Pesisir Selatan tahun ajaran 2022/2023. Pengambilan sampel dilakukan dengan Cluster Random Sampling, kelas yang dipilih sebagai kelas eksperimen adalah VIII.2 dan kelas kontrol adalah VIII.1. Hasil penelitian menunjukan nilai rata-rata kelas kontrol 76,88 dan nilai rata-rata kelas eksperimen 84,50. Berdasarkan uji hipotesis dengan SPSS versi 23 dapat diperoleh signifikansi kedua kelas dengan menggunakan uji perbedaan dua rata-rata maka diperoleh (0,012<0,05). Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa h_0 yang berarti tidak ada pengaruh motivasi belajar peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran Role Playing ditolak dan h_a diterima, yang berarti bahwa terdapat pengaruh yang signifikan menggunakan model pembelajaran Role playing dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam di kelas VIII MTsN 3 Pesisir Selatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Model Pembelajaran Role Playing, Motivasi Belajar Peserta Didik
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ruang Baca FTK 2
Date Deposited: 14 Sep 2023 14:20
Last Modified: 17 Sep 2023 14:41
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/13738

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item