Iza, Zuliati (2018) Pelaksanaan Metode Bercerita Dalam Penanaman Nilai-Nilai Agama Islam dipaud (Pendidikan Anak Usia Dini) Nurul Akhirah IV Koto Aur Melintang Kab. Padang Pariaman. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.
|
Text (COVER, PERSETUJUAN PEMBIMBING, ABSTRAK)
kover dll.pdf - Published Version Download (400kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
7. BAB I zHa.pdf - Published Version Download (98kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
8. BAB II zHa.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (231kB) |
||
Text (BAB III)
9.BAB III zHa.pdf - Published Version Download (35kB) |
||
Text (BAB IV)
10.BAB IV Baruu.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (128kB) |
||
Text (BAB V)
11.BAB V zHa.pdf - Published Version Download (30kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
12.Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (33kB) |
||
Text (SKRIPSI LENGKAP)
lengkap.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi ini berjudul “Pelaksanaan Metode Bercerita dalam Penanaman Nilai-nilai Agama Islam di PAUD Nurul Akhirah IV Koto Aur Melintang Kab. Padang Pariaman”, disusun oleh Iza Zuliati, NIM. 412.458. Mahasiswa Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Imam Bonjol Padang. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh peserta didik pada usia dini masih sangat terbatas kemampuannya, pada umur ini kepribadiannya mulai terbentuk dan sangat peka terhadap tindakan orang disekelilingnya, maka penanaman nilai-nilai agama sebaiknya dilaksanakan kepada peserta didik sedini mungkin. Oleh karena itu, penulis tertarik untuk melakukan penelitian tentang metode bercerita, karena metode bercerita merupakan salah satu metode yang digunakan di PAUD Nurul Akhirah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan pelaksanaan metode bercerita dalam penanaman nilai-nilai agama islam di PAUD Nurul Akhirah IV Koto Aur Melintang Kab. Padang Pariaman, untuk mengetahui proses metode bercerita dalam penanaman nilai-nilai agama islam di PAUD Nurul Akhirah IV Koto Aur Melintang Kab. Padang Pariaman, dan untuk mengetahui hasil pelaksanaan metode bercerita dalam penanaman nilai-nilai agama islam di PAUD Nurul Akhirah IV Koto Aur Melintang Kab. Padang Pariaman . Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan metode penelitian yang bersifat deskriptif kualitatif yaitu memaparkan apa yang terjadi di lapangan, teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan model yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, perencanaan metode bercerita di PAUD Nurul Akhirah mengacu pada pada kurikulum KTSP kemudian dituangkan dalam bentuk RPPM dan RPPH yang disesuaikan dengan kondisi peserta didik. Kedua, proses metode bercerita di PAUD Nurul Akhirah IV Koto Aur Melintang Kab. Padang Pariaman yaitu menentukan tema cerita, pemilihan media (alat peraga), mengatur posisi peserta didik, penyampaian cerita, menentukan penilaian kegiatan bercerita. Ketiga, hasil pelaksanaan metode bercerita yang dilakukan oleh guru di PAUD Nurul Akhirah dapat membentuk akhlak anak ke arah yang lebih baik, walaupun masih ada anak yang memiliki akhlak yang kurang baik. Penanaman nilai-nilai agama islam sudah diajarkan, seperti nilai akhlak, ibadah, dan keimanan tetapi guru lebih banyak menggunakan tema bercerita tentang nilai akhlak. Pembentukan akhlak yang dilakukan di PAUD Nurul Akhirah dengan penggunaan metode bercerita juga diperkaya dengan pembiasaan yang baik melalui kegiatan rutin harian, keteladanan dari para guru, dan melalui pendisiplinan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Users 25 not found. |
Date Deposited: | 05 Jul 2018 07:51 |
Last Modified: | 05 Jul 2018 07:51 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/1336 |
Actions (login required)
View Item |