ROMI DEGISRA, ROMI (2018) PENYESUAIAN SOSIAL SISWA KELAS UNGGULAN MAN 1 PASAMAN KABUPATEN PASAMAN. Skripsi thesis, UIN IB Padang.
|
Text (BAB I)
8 BAB I.pdf - Published Version Download (412kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
9 BAB II.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (358kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
10 BAB III.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (205kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
11 BAB IV.pdf - Published Version Download (367kB) |
||
Text (BAB V)
12 BAB V.pdf - Published Version Download (111kB) |
||
Text (DAFTAR KEPUSTAKAAN)
13 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (113kB) |
||
|
Text (COVER SKRIPSI)
COVER SKRIPSI.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
|
Text (SKRIPSI KESELURUHAN)
SKRIPSI KESELURUHAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK Skripsi ini berjudul “Penyesuaian Sosial Siswa Kelas Unggulan MAN 1 Pasaman Kabupaten Pasaman” ditulis oleh Romi Degisra, NIM 1315040172. Prodi Psikologi Islam, Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama, Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang terjadi pada siswa kelas unggulan yang mampu menyesuaikan diri dengan baik dan aktif berorganisasi dan pandai bergaul pada hal siswa kelas unggul memiliki banyak tuntutan dari sekolahnya, selalu diberikan tugas yang banyak dan mengikuti pelajaran tambahan sehingga membuat siswa yang berada di kelas unggul sulit menyesuaikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan penampilan nyata, penyesuaian diri terhadap berbagai kelompok, sikap sosial dan kepuasan diri pada siswa kelas unggulan di MAN 1 Pasaman Kabupaten Pasaman. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif dan jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan field research dengan pendekatan femenologis yaitu suatu pendekatan yang berusaha untuk mengungkap dan mempelajari serta memahami suatu fenomena beserta konteksnya yang khas dan unik yang dialami oleh individu hingga tataran “keyakinan” yang bersangkutan. Subjek dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Kemudian dalam menganalisis data, penulis menggunakan teknik Data Reduction (reduksi data), Display Data (penyajian data) dan Conclusion Drawing (kesimpulan atau verifikasi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek penelitian memiliki penyesuaian sosial yang berbeda saat menyesuaikan diri di lingkungan sekolahnya yaitu pertama ada subjek yang merubah penampilannya untuk bisa bergabung dengan kelompoknya dan ada juga yang tidak dan salah satu subjek lebih suka belajar dari pada berkumpul dengan teman-temannya. Selanjutnya diantara kedua subjek ada yang memiliki hubungan baik dengan teman-temannya di sekolah dan salah satu subjek mempunyai sikap sosial yang ramah dan tidak pilih-pilih teman berbeda dengan subjek satu lagi yang tidak peduli dengan temannya dan suka pilih teman. Kemudian kedua subjek sama-sama puas berada di kelas unggulan ini. Kata Kunci : Penyesuaian Sosial, Siswa Kelas Unggulan
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin > Psikologi Islam |
Depositing User: | Users 36 not found. |
Date Deposited: | 03 Jul 2018 04:30 |
Last Modified: | 03 Jul 2018 04:30 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/1266 |
Actions (login required)
View Item |