NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM RUBRIK HIKMAH PORTAL REPUBLIKA ONLINE EDISI JANUARI 2016

RAHMI, YATI (2018) NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM RUBRIK HIKMAH PORTAL REPUBLIKA ONLINE EDISI JANUARI 2016. Skripsi thesis, UIN IB PADANG.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf - Published Version

Download (435kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (529kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (657kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (179kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (908kB)
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (313kB) | Preview
[img] Text (DAFTAR KEPUSTAKAAN)
DAFTAR KEPUSTAKAAN.pdf - Published Version

Download (319kB)
[img] Text (SKRIPSI LENGKAP)
SKRIPSI LENGKAP.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini berjudul “Nilai-nilai Pendidikan Islam dalam Rubrik Hikmah Portal Republika Online Edisi Januari 2016” disusun oleh Rahmi Yati, NIM. 1314010097, mahasiswa Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Imam Bonjol Padang. Penelitian ini dilatarbelakangi atas perhatian penulis terhadap perkembangan media sosial yang mudah diakses namun tanpa filter, yang menjadi pengaruh terhadap perkembangan potensi berpikir peserta didik. Rumusan penelitian ini adalah Bagaimanakah nilai-nilai pendidikan Islam dalam Rubrik Hikmah Portal Republika Online Edisi Januari 2016. Adapun batasan masalahnya adalah nilai pendidikan tauhid, nilai pendidikan akhlak serta nilai pendidikan ibadah dalam Rubrik Hikmah Portal Republika Online Edisi Januari 2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan penyampaian nilai-nilai pendidikan Islam dalam rubrik Hikmah Portal Republika Online Edisi Januari 2016. Penelitian ini bercorak library research, merujuk pada buku karangan Mestika Zed dengan judul Metode Penelitian Kepustakaan. Pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi. Data primer diperoleh dari kumpulan tulisan yang dimuat Rubrik Hikmah Portal Republika Online Edisi Januari 2016 dan data sekunder didapatkan dari berbagai sumber, baik dari kitab-kitab hadist, majalah, internet dan buku-buku yang membahas tentang pendidikan Islam. Setelah data dikumpulkan, lalu dianalisis dengan menggunakan metode analisis isi (content analisys), yaitu dengan penyelidikan yang menutur, menganalisis dan mengklasifikasikannya. Berdasarkan analisis penulis dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa nilai-nilai pendidikan Islam dalam rubrik Hikmah Portal Republika Online Edisi Januari 2016 dapat dikelompokkan menjadi tiga secara umum meliputi, pertama nilai pendidikan tauhid, 1) Seorang hamba wajib meyakini Allah sebagai penciptanya, 2) Menjadikan manusia yang konsisten dalam mengakui keesaan Allah sebagai pencipta alam semesta serta mengetahui bukti-bukti tentang kebenaran seluruh ciptaanNya. 3) Mengingatkan manusia untuk selalu memikirkan banyak nikmat dan ciptaan Allah SWT. istiqamah dan tidak menyekutukan Allah SWT dengan lainnya. Kedua, nilai pendidikan akhlak meliputi; akhlak kepada Allah dengan bertawakal dan bersyukur, akhlak kepada sesama dengan saling kasih sayang, bantu membantu dan saling mendoakan, saling menasehati dalam kebaikan, akhlak kepada diri sendiri dengan cara menjaga dan menghindari diri dari yang mendekati dosa dan kerugian. Ketiga, nilai pendidikan ibadah yang dengan menjalankan prinsip beribadah yang sudah diatur oleh agama diantaranya, berniat, ikhlas, taat, istiqamah dan khusyuk dalam melakukan ibadah. Kemudian dalam tulisan-tulisan yang dimuat Rubrik Hikmah Portal Republika Online edisi Januari 2016 lebih menekankan aspek akhlak terutama akhlak terhadap diri sendiri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LT Textbooks
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 25 not found.
Date Deposited: 26 Jun 2018 04:29
Last Modified: 26 Jun 2018 04:30
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/1253

Actions (login required)

View Item View Item