Pelaksanaan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Inquiry Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajara Siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 5 Ranah Pesisir Kab. Pesisir Selatan

Hardi Pranoto, Hardi (2018) Pelaksanaan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Inquiry Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajara Siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 5 Ranah Pesisir Kab. Pesisir Selatan. Skripsi thesis, UIN IB Padang.

[img]
Preview
Text (Cover, persetujuan, abstrak)
Cover, persetujuan, abstrak.pdf - Published Version

Download (404kB) | Preview
[img] Text (Bab I)
BAB I .pdf - Published Version

Download (382kB)
[img] Text (Bab II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (467kB)
[img]
Preview
Text (Bab III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (221kB) | Preview
[img] Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (334kB)
[img] Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (135kB)
[img]
Preview
Text (Daftar Kepustakaan)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (227kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Keseluruhan)
Gabungan.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pelaksanaan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Inquiry dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 5 Ranah Pesisir Kab. Pesisir Selatan” ini ditulis oleh Hardi Pranoto, NIM 1314010507, Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh begitu pentingnya meningkatkan keaktifan belajar peserta didik di sekolah yakni pada kelas VII dan VIII, namun pada realitanya di sekolah masih banyak dijumpai peserta didik yang tidak begitu aktif dalam proses pembelajarannya. Permasalahan penelitian yaitu tentang penggunaan model pembelajaran contextual teaching and learning inquiry dalam mata pelajaran PAI untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa di SMP N 5 Ranah Pesisir Kab. Pesisir Selatan. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan pelaksanaan model pembelajaran contextual teaching and learning inquiry dalam mata pelajaran PAI untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa di SMP N 5 Ranah Pesisir Kab. Pesisir Selatan khususnya kelas VII1 dan VIII1. Batasan masalah yaitu perencanaan guru PAI dalam melaksanakan model CTL Inkuiri, pelaksanaan model pembelajaran CTL Inkuiri oleh guru PAI, dan hasil dari pelaksanaan model CTL Inkuiri dalam materi akidah untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa di SMP N 5 Ranah Pesisir Kab. Pesisir Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan metode deskriptif kualitatif, yaitu dengan menggambarkan objek penelitian apa adanya yang terjadi atau ditemukan dilapangan. Sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer yakni guru PAI dan peserta didik, sumber data sekunder yakni kepala sekolah. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi serta diolah dengan mereduksi, menyajikan, dan menarik kesimpulan. Analisis dilakukan dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian yaitu, pertama perencanaan guru PAI dalam melaksanakan model CTL Inkuiri dalam materi akidah untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas VII1 dan VIII1 adalah merumuskan tjuan pembelajaran, persiapan sebelum pembelajaran dan pertimbangan sebelum pembelajaran. Kedua, pelaksanaan model pembelajaran CTL Inkuiri oleh guru PAI dalam materi akidah untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas VII1 dan VIII1 adalah pelaksanaan model pembelajaran CTL Inkuiri, karakteristik model pembelajaran CTL Inkuiri dan langkah-langkah model pembelajaran CTL Inkuiri. Ketiga, hasil dari penggunaan model CTL Inkuiri dalam materi akidah untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas VII1 dan VIII1 adalah keaktifan peserta didik dalam proses pembelajaran dan minat peserta didik dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 25 not found.
Date Deposited: 31 May 2018 03:03
Last Modified: 31 May 2018 03:04
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/1249

Actions (login required)

View Item View Item