Eksperimentasi Model Pembelajaran Aktif Tipe Talking Stick dalam Pembelajaran Matematika Peserta Didik Kelas VII MTsN 5 Solok Selatan

Mutia, tia (2018) Eksperimentasi Model Pembelajaran Aktif Tipe Talking Stick dalam Pembelajaran Matematika Peserta Didik Kelas VII MTsN 5 Solok Selatan. Skripsi thesis, UIN IB PADANG.

[img] Text (cover, persetujuan, abstrak)
COVER, ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (477kB)
[img] Text (bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (858kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (663kB)
[img]
Preview
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (921kB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (706kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (230kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (317kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI GABUNG)
GABUNG.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Mutia : Eksperimentasi Model Pembelajaran Aktif Tipe Talking Stick dalam Pembelajaran Matematika Peserta Didik Kelas VII MTsN 5 Solok Selatan Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya motivasi dan hasil belajar matematika peserta didik di MTsN 5 Solok Selatan. Hal ini dapat dilihat dari persentase ketuntasan ulangan harian I semester I matematika peserta didik kelas VII MTsN 5 Solok Selatan yang sebagian besar masih di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 75. Salah satu penyebab rendahnya motivasi dan hasil belajar matematika peserta didik yaitu proses pembelajaran yang dilaksanakan oleh pendidik yang belum dapat mengaktifkan peserta didik untuk belajar dan peserta didik malu bertanya mengenai materi yang belum dipahami. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah tersebut adalah menerapkan model pembelajaran aktif tipe Talking Stick. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi dan hasil belajar matematika peserta didik kelas VII MTsN 5 Solok Selatan yang menerapkan Model Pembelajaran Talking Stick lebih tinggi dari motivasi dan hasil belajar matematika peserta didik dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian quasy experiment dengan rancangan penelitian Randomized Control Group Only Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII MTsN 5 Solok Selatan sebanyak 162 orang tahun ajaran 2017/2018. Teknik pengambilan sampel yang dilakukan adalah random sampling dan sampel yang terpilih adalah peserta didik kelas VII.5 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.3 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket motivasi belajar matematika dan tes hasil belajar matematika peserta didik. Waktu penelitian dimulai tanggal 25 Juli s/d 12 Agustus 2017 di MTsN 5 Solok Selatan Tahun Ajaran 2017/2018 semester ganjil. Hipotesis penelitian ini adalah hasil belajar matematika peserta didik kelas VII MTsN 5 Solok Selatan yang diajar dengan model pembelajaran aktif tipe Talking Stick lebih tinggi dari hasil belajar matematika peserta didik kelas konvensional. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata hasil belajar matematika peserta didik yang menerapkan model pembelajaran aktif tipe Talking Stick adalah 78,47 dan pembelajaran biasa 69,97. Setelah dilakukan uji hipotesis menggunakan uji-t diperoleh thitung > ttabel (1,86 > 1,66), sehingga hipotesis diterima yang artinya hasil belajar matematika peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran aktif tipe Talking Stick lebih tinggi dari hasil belajar peserta didik dengan menggunakan pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguran > Tadris > Tadris Matematika
Depositing User: Users 28 not found.
Date Deposited: 08 May 2018 03:21
Last Modified: 10 Dec 2018 02:50
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/1062

Actions (login required)

View Item View Item