Pembelajaran Fiqih di Pondok Pesantren Madrasatul ‘Ulum Lubuk Pua Kecamatan VII Koto Sungai Sariak Kabupaten Padang Pariaman

Ulfadri, Ulfadri (2022) Pembelajaran Fiqih di Pondok Pesantren Madrasatul ‘Ulum Lubuk Pua Kecamatan VII Koto Sungai Sariak Kabupaten Padang Pariaman. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang.

[img] Text
ULFADRI_1820010047_Cover, persetujuan pembimbing, pengesahan, daftar isi,dll - arif rahman.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
ULFADRI_1820010047_BAB I - arif rahman.pdf - Published Version

Download (374kB)
[img] Text
ULFADRI_1820010047_BAB III - arif rahman.pdf - Published Version

Download (301kB)
[img] Text
ULFADRI_1820010047_BAB V - arif rahman.pdf - Published Version

Download (403kB)
[img] Text
ULFADRI_1820010047_fulltext - arif rahman.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Ulfadri, 1820010047, Pembelajaran Fiqih di Pondok Pesantren Madrasatul ‘Ulum Lubuk Pua Kecamatan VII Koto Sungai Sariak Kabupaten Padang Pariaman, Tesis : Pendidikan Agama Islam Program Pascasarjana Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang, 2022. Rumusan masalah penelitian“Bagaimana Pembelajaran Fiqih di Pondok Pesantren Madrasatul ‘Ulum Lubuak Pua”?. Adapun tujuan yang ingin dicapai : (1) Untuk mengetahui gambaran pelaksanaan pembelajaran Fiqih di Pondok Pesantren Madrasatul ‘Ulum Lubuk Puar, (2) Untuk mengetahui kitab yang dipakai dalam pelaksanaan pembelajaran Fiqih di Pondok Pesantren Madrasatul ‘Ulum Lubuk Puar, (3) Untuk mengetahui penerapan materi Fiqih oleh peserta didik di Pondok Pesantren Madrasatul ‘Ulum Lubuk Puar. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan yang digunakan pendekatan kualitatif serta prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang yang perilaku yang diamati dan menjadi sumber data adalah guru, santri dan pimpinan pesantren. Teknik pegumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengolahan data yaitu reduksi data, penyajia data dan menarik kesimpulan. Pelaksanaan pembelajaran fiqih di Pondok Pesantren Madrasatul ‘Ulum tidak memiliki perencanaan hanya memiliki persiapan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi. Pembelajaran fiqih di Pondok Pesantren Madrasatul ‘Ulum menggunakan kitab kuning dengan metode bandongan dan kadang-kadang sorogan. Pelaksanaan pembelajaran nya meliputi kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan akhir. Sedangkan evaluasi pembelajaran fiqih dilaksanakan dengan penilaian secara lisan, tertulis dan praktek.Kitab yang di pakai dalam pembelajaran fiqih ialah Matan Al-Ghayah wat Taqrib, Mughni Al-Muhtaj dan kitab Fathul Qarib. Penerapan materi fiqih oleh santri di Pondok Pesantren Madrasatul ‘Ulum baik dalam penerapan materi fiqih.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pesantren, kitab kuning
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Program Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ahmad Eskha Pustakawan
Date Deposited: 31 Aug 2022 16:22
Last Modified: 31 Aug 2022 16:22
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/10569

Actions (login required)

View Item View Item