Hubungan Stres Dengan Motivasi Belajar Pada Mahasiswa Psikologi Islam Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang

Yona Aprianti, Yona (2018) Hubungan Stres Dengan Motivasi Belajar Pada Mahasiswa Psikologi Islam Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang. Skripsi thesis, UIN IB Padang.

[img]
Preview
Text (Cover, Persetujuan Pembimbing, Abstrak)
COVER.pdf - Published Version

Download (381kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (357kB) | Preview
[img] Text (Bab II)
BAB II (Repaired).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (530kB)
[img]
Preview
Text (Bab III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (641kB) | Preview
[img] Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (320kB)
[img] Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (228kB)
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (230kB) | Preview
[img] Text (Full Gabungan Keseluruhan)
Full Gabungan Keseluruhan.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi yang berjudul “Hubungan Stres Dengan Motivasi Belajar Pada Mahasiswa Psikologi Islam Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang”.Disusun oleh Yona Aprianti NIM.1315040009, Jurusan Psikologi Islam Fakultas Ushuluddin UIN Imam Bonjol Padang. Penelitian ini dilatar belakangi oleh stres dengan motivasi belajar pada mahasiswa Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama-Agama Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang. Mahasiswa adalah agen of change, artinya seorang mahasiswa mampu membawa perubahan-perubahan yang berdampak positif dan membangun dalam masyarakat. mahasiswa adalah orang-orang yang mampu beradaptasi, memiliki motivasi dan bakat yang tinggi dan keterampilan memecahkan masalah yang baik, terlibat secara aktif dalam studi dan lingkungan akademisnya, kualitas interaksi sosial yang baik. Dalam hal belajar, motivasi adalah suatu kondisi yang mendorong seseorang untuk belajar, guna meningkatkan mutu belajar dengan baik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah terdapat Hubungan Stres Dengan Motivasi Belajar Pada Mahasiswa Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidak hubungan stres dengan motivasi belajar pada mahasiswa Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama-Agama Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan teknik analisis data yaitu analisis Korelasi Pearson yang diolah dengan program SPSS versi 20.0 for windows. Variabel bebas dalam penelitian ini ada dua yaitu stres dan kualitas tidur dan variabel terikatnya adalah motivasi belajar. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 268 orang dengan sampel penelitian berjumlah 73 orang. Penarikan sampel pada penelitian ini dengan menggunakan teknik acak terlapis (simple random sampling). Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah berupa skala psikologi, yaitu skala stres dengan 30 aitem pernyataan, dan skala motivasi belajar dengan 30 aitem pernyataan. Hasil analisis data penelitian menunjukkan Pearson Correlation dengan koefisien 0,103 dengan signifikansi 0,384 (0,384>0,05), maka hipotesis ditolak, artinya tidak ada hubungan antara stres dengan motivasi belajar. Berdasarkan peneltian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa tidak ada hubungan antara stres dengan motivasi belajar pa mahasiswa Psikologi Islam Fakultas Ushuluddin Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang. Kata Kunci: Stres, Motivasi Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Psicology Teology Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama > Psikologi Islam
Depositing User: Users 36 not found.
Date Deposited: 08 May 2018 02:40
Last Modified: 05 Dec 2018 04:27
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/725

Actions (login required)

View Item View Item