MAIZA SINTIA, - (2018) Regulasi Diri Pada Penghafal Al-Quran (Studi Kasus Pada HM Mahasiswa STAI-PIQ Padang). Skripsi thesis, UIN IMAM BONJOL PADANG.
Text (COVER, PERSETUJUAN DAN ABSTRAK)
COVER, PERSETUJUAN ABSTRAK.pdf - Published Version Download (3MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (325kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (538kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version Download (238kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (544kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (222kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (136kB) |
|
Text (FILE GABUNGAN)
FILE GABUNGAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (194kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi dari begitu mulianya kedudukan seorang penghafal Al-Qur’an dihadapan Allah dan Rasulnya. Dan tidak semua muslim mampu menghafal Al-Qur’an secara keseluruhan dan memelihara hafalan AlQur’an tersebut dengan baik. Dalam hal ini, penulis menemukan seorang mahasiswa yang berusia 21 tahun berinisial HM, ia telah hafal 30 juz Al-Qur’an dalam usia 15 tahun. Dan sampai sekarang ia tetap mampu memelihara hafalannya dengan baik. Sehingga ia juga memiliki beberapa prestasi dalam bidang tahfidz. Maka dari itu, pentingnya melihat regulasi diri pada HM sebagai penghafal Al-Qur’an dalam memelihara hafalannya. Jadi tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui regulasi diri pada HM sebagai penghafal Al-Qur’an dalam memelihara hafalannya (2) dan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi regulasi diri pada HM dalam memelihara hafalannya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik analisis data model Miles dan Huberman. yaitu dengan mereduksi data, model data, dan penarikan / verifikasi kesimpulan. Jumlah subjek dalam penelitian satu orang, ia merupakan seorang penghafal Al-Qur’an yang telah hafal 30 juz, yang berusia 21 tahun yang berkuliah di STAI-PIQ di kota Padang sebagai data primer. Subjek ini dipilih melalui teknik purposive sampling. Dan sebagai data sekunder di dapatkan dari dua orang teman subjek yang sekampus dan sekelas dengan subjek. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini dengan observasi, wawancara terencana tidak terstruktur, dan dokumentasi berupa beberapa lembaran nilai tahfidz dan sertifikat tahfidz subjek. Berdasarkan hasil penelitian, subjek HM memiliki regulasi diri yang baik, karena terpenuhi setiap aspek yang menjadi indikasi dari regulasi diri tersebut, yaitu aspek metakognitif, motivasi, dan perilaku. Serta faktor-faktor yang mempengaruhi regulasi diri tersebut terdapat dari aspek internal yaitu mampu memonitoring performansi, penilaian tingkah laku, dan respon terhadap diri. Dan dalam aspek eksternal terdapat pada standar lingkungan dalam mengevaluasi tingkah laku dan penguatan dari orang lain terhadap proses dalam pencapaian tujuan dalam memelihara hafalan. Kata Kunci: Self Regulation, Pengha
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | U Umum (General) |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama > Psikologi Islam |
Depositing User: | Users 36 not found. |
Date Deposited: | 31 Oct 2019 06:41 |
Last Modified: | 31 Oct 2019 06:41 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/6597 |
Actions (login required)
View Item |