Fungsi Customer Service dalam Meningkatkan Kepuasan Pelayanan terhadap Nasabah di PT. Pegadaian (Persero) Cabang Terandam Padang

Gilang Ayril Ramadhan, Gilang (2019) Fungsi Customer Service dalam Meningkatkan Kepuasan Pelayanan terhadap Nasabah di PT. Pegadaian (Persero) Cabang Terandam Padang. Skripsi thesis, UIN IB PADANG.

[img] Text (COVER)
COVER.pdf - Published Version

Download (241kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (169kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (211kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (140kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (275kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (98kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (92kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL)
SKRIPSI FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skipsi ini berjudul “Fungsi Customer Service dalam Meningkatkan Kepuasan Pelayanan terhadap Nasabah di PT. Pegadaian (Persero) Cabang Terandam Padang, disuse oleh Gilang Ayril Ramadhan, NIM. 1412010179 Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi, UIN Imam Bonjol Padang. Latar belakang skripsi ini adalah pengamatan sementara penulis yang menunjukan bahwa pelayanan yang dilakukan oleh PT. Pegadaian Persero cabang Tarandam memiliki tiga bentuk Fungsi yaitu fungsi Costumer service sebagai Resepsionis,fungsi Customer service dengan cara Deskman dan fungsi Costumer service dengan cara Customer relation officier maka untuk meningkatan pelayanan terhadap pelanggan dan nasabah yang baru diperlukan seorang Customer service dalam hal ini pelayanan yang dilakukan oleh Customer service masih belem maksimal sebagaimana mestinya, karena pelayanan dan komunikasi terhadap nasabah dalam suatu lembaga keuangan yang bukan Bank, Costumer service menjadi salah satu ujung tombak untuk menjadi lembaga tersebut lebih baik. Oleh sebab itu customer service seharusnya mengetahui tugas dan fungsinya terhadap pelayanan nasabah. Tujuan dan batasan masalah untuk mengetahui fungsi Costumer Service sebagai resepsionis, fungsi Customer Service dengan cara Deskman dan fungsi Customer Service dengan cara Customer relation officier dalam menanggapi masaalah nasabah yang kurang puas dan menangagni nasabah yang komplain di PT. Pegadaian (Persero) Cabang Tarandam. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah Kualitatif dan untuk pengumpulan data penulis menggunakan beberapa cara yaitu Interview atau wawancara, observasi, dokumentasi. Dan untuk mengolah data penulis melakukan beberapa hal berikut yaitu mengumpulkan data, pemeriksaan data, menyeleksi data, penyajian data, menganalisis data dan menarik kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa fungsi Customer service sebagai Resepsionisdi PT. Pegadaian (Persero) Cabang Terandam Padang memberikan informasi terkait produk Pengadaian kepada nasabah yang baru,kemudian memberikan sapaan selamat pagi, sore setelah itu menanyakan nasabah dengan ucapan”apa yang bisa di bantu” selanjutnya fungsi Customer service sebagai Deskman di PT. Pegadaian (Persero) cabang Terandam Padang yaitu melayani nasabah dengan mengiputkan data nasabah sesuai aplikasi yang ada di PT. Pegadaian (Persero) yang mananasabah diarahkan sesuai keterangan yang ada di menu aplikasi yang diinginkan nasabah dan mengisi data nasabah sesuai KTP, kemudian nasabah bisa menentukan berapa pinjaman dan berapa angsuran. Dan fungsi Customer service sebagai Customer Relation Officer di PT.Penggadaian (Persero) adalah membina hubungan dengan nasabah termasuk mempersuasi dan membujuk nasabah agar tetap bertahan menjadi nasabah sejati di PT.Pegadaian (Persero). Kata Kunci : Fungsi Customer Service,Kepuasan Pelayanan dan Nasabah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: U Umum (General)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Users 14 not found.
Date Deposited: 25 Feb 2020 04:11
Last Modified: 25 Feb 2020 04:11
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/5463

Actions (login required)

View Item View Item