Efektivitas Asmaul Husna Terhadap AKhlak Peserta Didik MTsN Parak Laweh Padang

Rizky Ananda, S.Pd (2017) Efektivitas Asmaul Husna Terhadap AKhlak Peserta Didik MTsN Parak Laweh Padang. Diploma thesis, UIN IB PADANG.

[img] Text (Cover)
cover.pdf - Published Version

Download (231kB)
[img] Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (364kB)
[img] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (619kB) | Request a copy
[img] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Published Version

Download (165kB)
[img] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (190kB) | Request a copy
[img] Text (bab 5)
BAB V.pdf - Published Version

Download (59kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (192kB)
[img] Text (Full Gabungan)
Full Gabungan.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (760kB) | Request a copy

Abstract

Skripsi ini berjudul “ Efektivitas Asmaul Husna terhadap Akhlak Peserta didik MTsN Parak Laweh Padang” ditulis oleh Rizky Ananda, NIM 412.574, Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIN Imam Bonjol Padang, 2016. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana Efektivitas Asmaul Husna terhadap Akhlak Peserta didik di MTsN Parak Laweh. Asmaul Husna adalah nama-nama Allah yang baik, indah, berpahala bagi siapa yang membacanya dan mengingat Asmaul Husna merupakan kegiatan rutin peserta didik MTsN Parak Laweh di sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan efektivitas Asmaul Husna terhadap Akhlak peserta didik khususnya dalam perilaku sabar, adil dan lemah lembut. Pengetahuan, pemahaman dan pengamalan peserta didik terhadap sikap sabar, adil dan lemah lembut terhadap teman, guru, orang-orang yang berada di lingkungan sekolah serta lingkungan sekolah itu sendiri. Jenis metode penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif dan metode yang bersifat deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, maka dapat diketahui bahwa peserta didik mengetahui, memahami arti dari as-Shabaru sabar. Pengetahuan, pemahaman peserta didik dari arti as-Shabru sabar membawa pengaruh terhadap sikap sabar peserta didik. Sehingga peserta didik dapat mengamalkan saat menghadapi kesulitan dalam hidup yang ditemui, dari hawa nafsu terhadap keinginan akan sesuatu, dalam bergaul dengan teman, bergaul dengan guru, bergaul dengan orang yang berada di lingkungan sekolah, dan sikap sabar dalam menuntut ilmu. Peserta didik memiliki pengetahuan, pemahaman serta pengaruh dalam diri mereka setelah mengetahui arti dari al-Adlu (adil). Beberapa contoh dari pengaruh tersebut diantaranya sikap adil terhadap diri sendiri dalam membagi waktu, sikap adil terhadap diri sendiri dalam memenuhi kebutuhan hidup, sikap adil bergaul dengan teman, sikap adil bergaul dengan guru, sikap adil bergaul dengan orang yang berada di lingkungan sekolah, sikap adil terhadap lingkungan sekitar dan timbulnya sikap saling menghargai dan saling menghormati. Selain pengetahuan, pemahaman peserta didik mengenai kedua makna di atas, peserta didik juga memiliki pengetahuan, pemahaman mengenai makna dari al-Lathif (Lemah Lembut). Pengetahuan dan pemahaman peserta didik membawa pengaruh terhadap sikap lemah lembut peserta didik, beberapa sikap tersebut diterapkan dalam kegiatan sehari-hari diantaranya sikap lemah lembut dalam bertutur kata kepada guru, teman orang yang berada di ligkungan sekolah. Sikap yang demikian menimbulkan sikap sopan santun terhadap sesama, sikap saling menasehati, saling memaaafkan dan suka memberikan pertolongan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 25 not found.
Date Deposited: 10 Oct 2018 01:01
Last Modified: 10 Oct 2018 01:01
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/2494

Actions (login required)

View Item View Item