Yossi, nirwanasari (2018) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PREZI DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS IX SMPN 2 PANTI KABUPATEN PASAMAN TIMUR TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, UIN IB Padang.
Text (cover)
cover dan pers abstrak.pdf - Published Version Download (280kB) |
|
Text (bab I)
BAB I yosi.pdf - Published Version Download (657kB) |
|
Text (bab II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (427kB) |
|
Text (Bab III)
BAB III revisi.pdf - Published Version Download (586kB) |
|
Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (578kB) |
|
Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version Download (405kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (181kB) |
|
Text (Gabungan)
gabungan.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Yossi Nirwana Sari: : NIM.1314040076 Pengaruh Penggunaan Media Prezi Dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas IX Smpn 2 Panti Kabupaten Pasaman Timur Tahun Pelajaran 2017/2018 Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya penggunaan media pada pembelajaran matematika yang berdampak pada aktivitas dan hasil belajar matematika peserta didik dan mengakibatkan rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas IX di SMPN 2 Panti Kabupaten Pasaman Timur tahun pelajaran 2017/2018. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan menerapkan penggunaan media Prezi dalam Pembelajaran matematika pada peserta didik tersebut. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu “Bagaimana aktivitas belajar matematika peserta didik kelas IX SMPN 2 Panti Kabupaten Pasaman Timur dengan menggunakan media prezi ? dan Apakah hasil belajar matematika peserta didik kelas IX SMPN 2 Panti Kabupaten Pasaman Timur dengan menggunakan media Prezi lebih tinggi dari pada tidak menggunakan media?”. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui aktivitas belajar matematika peserta didik kelas IX SMPN 2 Panti Kabupaten Pasaman Timur dengan menggunakan media Prezi (2) untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika peserta didik kelas IX SMPN 2 Panti Kabupaten Pasaman Timur meningkat menggunakan media Prezi dibandingkan dengan tidak menggunakan media sama sekali . Jenis penelitian ini adalah eksperimen-semu (Quasi Experimental Research) dengan rancangan penelitian Randomized Control Group Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMPN 2 Panti Kabupaten Pasaman Timur tahun pelajaran 2017/2018. Untuk mendapatkan kelas sampel maka terlebih dahulu dilakukan uji normalitas, homogenitas dan kesamaan rata-rata untuk semua kelas populasi. Setelah semua kelas diketahui normal, homogen dan memiliki kesamaan rata-rata maka dilakukan pemilihan kelas sampel secara acak. Kelas yang terpilih sebagai kelas eksperimen adalah kelas IX.3 dan kelas kontrol adalah kelas IX.2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase aktivitas belajar peserta didik setiap pertemuan mengalami peningkatan dan perolehan rata-rata nilai tes kelas eksperimen 81,56 dan rata-rata nilai tes kelas kontrol 75,12. Setelah dilakukan uji hipotesis menggunakan uji-t, diperoleh thitung > ttabel (1,8217.>.1,645) dengan αi=i0,05 pada selang kepercayaan 95 %, maka H0 ditolak dan H1 diterima artinya hasil belajar matematika peserta didik dengan menggunakan media Prezi lebih tinggi di bandingkan dengan tidak menggunakan media.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Matematika |
Depositing User: | Users 28 not found. |
Date Deposited: | 16 Jul 2018 03:00 |
Last Modified: | 16 Jul 2018 03:00 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/2426 |
Actions (login required)
View Item |