Penerapan Model Pembelajaran Kopratif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Disertai Video Pembelajaran Kemampuan Pemahaman KOnsep Matematis Peserta Didik Kelas VII SMPN 6 Lembah Gumanti

Rahmawati, 2014040042 and Christina Khaidir, 19830982011012009 and Fitria Mardika, 199303302019032019 (2024) Penerapan Model Pembelajaran Kopratif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Disertai Video Pembelajaran Kemampuan Pemahaman KOnsep Matematis Peserta Didik Kelas VII SMPN 6 Lembah Gumanti. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI IMAM BONJOL PADANG.

[img] Text
Rahmawati_2014040042_Fulltext- 0042 Rahmawati.pdf

Download (11MB)
[img] Text
Rahmawati_2014040042_Cover - 0042 Rahmawati.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Rahmawati_2014040042_Bab I - 0042 Rahmawati.pdf

Download (933kB)
[img] Text
Rahmawati_2014040042_ Bab III - 0042 Rahmawati.pdf

Download (976kB)
[img] Text
Rahmawati_2014040042_Bab V - 0042 Rahmawati.pdf

Download (475kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik kelas VII SMPN 6 Lembah Gumanti disebabkan beberapa faktor salah satunya penggunaan media pembelajaran yang tidak menarik. Salah satu cara yang dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) disertai video pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik yang diajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) disertai video pembelajaran lebih tinggi daripada kemampuan pemahaman konsep matematis yang diajarkan menggunakan pembelajaran saintifik di kelas VII SMPN 6 Lembah Gumanti. Jenis penelitian adalah quasy-eksperiment dengan rancangan randomized control grup only design. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas VII SMPN 6 Lembah Gumanti dengan sampel kelas VII.B sebanyak 29 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.C sebanyak 29 peserta didik sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan berupa tes kemampuan pemahaman konsep matematis yang dianalisis dengan uji-t. Berdasarkan hasil tes, diperoleh bahwa nilai rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematis kelas eksperimen 84,72 dan kelas kontrol adalah 74,50. Uji hipotesis diperoleh thitung (2,80) > ttabel (1,67) maka keputusannya H1 diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) disertai video pembelajaran lebih tinggi daripada kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran saintifik di kelas VII SMPN 6 Lembah Gumanti. Kata Kunci : Model kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI), Video Pembelajaran, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI), VideoPembelajaran, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Matematika
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 11 Sep 2024 08:26
Last Modified: 11 Sep 2024 08:26
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/23768

Actions (login required)

View Item View Item