Tinjauan Siyasah Idariyah Terhadap Pelaksanaan Asas Keterbukaan dalam Penyelenggaraan Pembangunan di Desa Debai Kecamatan Kumun Debai Kota Sungai Penuh

Putra, Rezky Pandu (2024) Tinjauan Siyasah Idariyah Terhadap Pelaksanaan Asas Keterbukaan dalam Penyelenggaraan Pembangunan di Desa Debai Kecamatan Kumun Debai Kota Sungai Penuh. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover - Daftar Isi)
Cover - Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (894kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (520kB)
[img] Text (BAB V dan Daftar Pustaka)
BAB V dan Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (651kB)
[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Skripsi ini dilatarbelakangi oleh pelaksanaan tugas Kepala Desa di Desa Debai Kecamatan Kumun Debai Kota Sungai Penuh yang belum berjalan dengan baik, keterbukaan informasi di Desa Debai belum sesuai dengan asas keterbukaan. Asas keterbukaan sudah dijelaskan pada Pasal 24 Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang desa. Kepala Desa di Desa Debai belum menjunjung asas tersebut, dilihat dari segi keterbukaan dan akuntabilitas yang belum baik merupakan cerminan dari tidak profesionalitas dalam kepemimpinannya. Tujuan penelitian ini yaitu: pertama Untuk mendeskripsikan pelaksanaan asas keterbukaan dalam penyelenggaraan pembangunan di Desa Debai. Kedua menganalisis faktor-faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan asas keterbukaan dalam penyelenggaraan pembangunan di Desa Debai. Ketiga meninjau pandangan Siyasah Idariyah terhadap pelaksanaan asas keterbukaan dalam penyelenggaraan pembangunan di Desa debai Kecamatan Kumun Debai Kota Sungai Penuh. Berdasarkan cara mendapatkan data penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan (field Research), dilihat dari segi pendekatan, penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif, sedang berdasarkan sumber data, penelitian ini merupakan penelitian hukum empiris. Implentasi Asas Keterbukaan dalam penyelenggaraan pembangunan Desa belum dilaksanakan dengan baik, keterbukaan informasi dalam pembangunan Desa sudah diatur dalam Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa, penyelenggaraan Pemerintahan Desa harus Berdasakan Asas Keterbukan. Berdasarkan Siyasah Idariyah Keterbukaan atau Tranparansi dalam penyelenggaraan Pemerintahan memiliki peranan sangat penting dalam proses Administrasi yang didasari atas Rasionalisasi tertentu untuk mencapai tujuan di dalam Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: politik administrasi, transparansi, kepemimpinan.
Subjects: Tajuk Subjek > Ilmu Sosial > Ilmu Politik > Kebijakan Publik
Tajuk Subjek > Ilmu Sosial > Administrasi Negara
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Tata Negara
Depositing User: Ruang Baca Fakultas Syariah
Date Deposited: 09 Sep 2024 04:15
Last Modified: 09 Sep 2024 04:15
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/23398

Actions (login required)

View Item View Item