Lestari, Gusliza (2024) Penerapan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Kemandirian Belajar Peserta Didik Kelas VIII SMP N 1 Sasak Ranah Pasisie. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.
Text (Cover Sampai Daftar Isi)
COVER Sampai Daftar Isi (2).pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
BAB 1.pdf - Published Version Download (683kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (BAB V Sampai Daftar Pustaka)
BAB V Sampai Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (623kB) |
|
Text (Full Text)
Full Text (2).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya kemampuan komunikasi matematis dan kemandirian belajar peserta didik kelas VIII SMP N 1 Sasak Ranah Pasisie. Usaha yang dilakukan adalah menerapkan model pembelajaran Reciprocal Teaching. Tujuan penelitian untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Reciprocal Teaching dan yang diajar menggunakan pembelajaran konvensional, serta kemandirian belajar peserta didik kelas eksperimen di SMP N 1 Sasak Ranah Pasisie. Jenis penelitian adalah quasy eksperiment dengan randomized control grup only design. Populasinya adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP N 1 Sasak Ranah Pasisie tahun ajaran 2023/2024. Dikarenakan populasi berdistribusi normal, homogenitas, dan memiliki kesamaan rata-rata, maka teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling. Terpilih VIII.2 sebagai kelas eksperimen dan VIII.4 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan komunikasi matematis dan angket kemandirian belajar peserta didik. Teknik analisis data kemampuan komunikasi matematis menggunakan Uji-t dan angket dilihat persentase rata-rata kemandirian belajar. Berdasarkan hasil tes, diperoleh bahwa nilai rata-rata kemampuan komunikasi matematis kelas eksperimen 84,50 dan kelas kontrol adalah 73,64. Uji hipotesis diperoleh thitung (3,07) > ttabel (1,67) maka keputusannya H1 diterima. Dengan demikian kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Reciprocal Teaching lebih tinggi dari pada kemampuan komunikasi matematis peserta didik menggunakan model pembelajaran konvensional di SMP N 1 Sasak Ranah Pasisie. Selanjutnya untuk angket diperoleh persentase rata-rata kemandirian belajar peserta didik kelas eksperimen adalah 82,75% dengan kritetia baik. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Reciprocal Teaching dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan kemandirian belajar peserta didik.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Reciprocal Teaching, Kemampuan Komunikasi Matematis, Kemandirian Belajar |
Subjects: | L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Matematika |
Depositing User: | Ruang Baca FTK 1 |
Date Deposited: | 05 Sep 2024 08:11 |
Last Modified: | 05 Sep 2024 08:11 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/23304 |
Actions (login required)
View Item |