Pemanfaatan Media Sosial Instagram Pemprov Sumbar Sebagai Sarana Informasi Yang Dikelola Oleh Diskominfotik Sumatera Barat

Azrinurman, Mhd (2024) Pemanfaatan Media Sosial Instagram Pemprov Sumbar Sebagai Sarana Informasi Yang Dikelola Oleh Diskominfotik Sumatera Barat. Skripsi thesis, Uin Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover)
Cover MHD Azrinurman nim 2012010017.pdf

Download (740kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB 1 Mhd Azrinurman Nim 2012010017.pdf - Published Version

Download (972kB)
[img] Text (BAB 3)
BAB 3 Mhd Azrinurman 2012010017.pdf - Published Version

Download (376kB)
[img] Text (BAB 5 dan DAFTAR PUSTAKA)
Bab 5 Mhd Azrinurman 2012010017.pdf - Published Version

Download (397kB)
[img] Text (File Full Text)
Skripsi full Mhd Azrinurman 2012010017.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Pemanfaatan Media Sosial Instagram Pemprov Sumbar Sebagai Sarana Informasi Yang Dikelola Oleh Diskominfotik Sumatera Barat”, ditulis pada tahun 2024 oleh Mhd Azrinurman, NIM.2012010017, skripsi ini merupakan tugas akhir mahasiswa program Strata Satu (S1) Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam, Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi, Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang. Penelitian ini dilatar belakangi oleh penghargaan yang di raih Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Provinsi Sumatera Barat pada tahun 2023, Penghargaan yang diraih yakni Anugerah Keterbukaan Informasi Publik 2023 yang diselenggarakan oleh Komisi Informasi Republik Indonesia. Penghargaan ini dicapai pada akun instagram Pemprov Sumbar yang dikelola oleh Diskominfotik Sumatera Barat, Instagram memiliki fitur-fitur menarik yang dapat dimanfaatkan oleh banyak orang termasuk instansi pemerintahan. Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Diskominfotik) salah satu intansi yang memanfaatkan media sosial Instagram sebagai sarana informasi dengan nama akun Pemprov Sumbar. Tujuan penelitian adalah untuk meneliti bagaimana pemanfaatan media sosial Instagram Pemprov Sumbar sebagai sarana informasi yang dikelola oleh Diskominfotik Sumatera Barat. Jenis penelitian yang digunakan ialah deskriptif kualitatif melalui observasi, wawancara, serta dokumentasi. Untuk mendapatkan keabsahan data, Peneliti menganalisis pemanfaatan media sosial dengan menggunakan teori Chris Heuer yaitu komponen 4C yaitu : Context, Communication, Collaboration, Connection (Konteks, Komunikasi, Kolaborasi, Koneksi). Hasil dari penelitian ini yaitu Diskominfotik Sumatera Barat berhasil memanfaatkan media sosial Instagram sebagai sarana informasi yang efektif melalui empat strategi utama yaitu 4C: Context. Communication, Collaboration, Connection (konteks, komunikasi, kolaborasi, dan Koneksi). Untuk konteks Diskominfotik memanfaatkan media sosial Instagram Pemprov Sumbar memakai strategi dengan membuat informasi menarik kepada followers yakni pesan harus dibuat semenarik mungkin dan memperhatikan dengan baik penggunaan bahasa dan isi pesan tersebut. Dalam hal komunikasi, mengemas sebuah pesan dengan jelas dan mudah dipahami dimana Diskominfotik memakai konsep jurnalistik yakni 5W+1H (Who, What, When, Where, Why dan How). Diskominfotik Sumatera Barat berkolaborasi dengan Instansi Instansi lainnya di Provinsi Sumatera Barat dalam Kerja Sama Untuk Menciptakan sesuatu Informasi di Media Sosial Instagram Pemprov Sumbar. Terakhir, koneksi dengan cara membalas komentar dan DM yang masuk, mengupload konten setiap hari, dimana memiliki kualitas baik itu dari segi isi berita ataupun editingnya., Diskominfotik Sumatera Barat berhasil memaksimalkan penggunaan Instagram sebagai alat komunikasi yang efektif dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pemanfaatan Media Sosial, Instagram, Diskominfotik Sumatera Barat
Subjects: Agama Islam > Filsafat dan Perkembangan Islam > Komunikasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam
Depositing User: Ruang Baca FDIK
Date Deposited: 03 Sep 2024 03:28
Last Modified: 03 Sep 2024 03:28
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/23272

Actions (login required)

View Item View Item