Pendidikan Inklusi Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas VII di SMP Negeri 23 Padang

Asmiati, Rahma (2024) Pendidikan Inklusi Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas VII di SMP Negeri 23 Padang. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (COVER)
COVER ACC.pdf - Published Version

Download (720kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB I AMII.pdf - Published Version

Download (525kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III AMII.pdf - Published Version

Download (275kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V AMII.pdf - Published Version

Download (188kB)
[img] Text
FULL TEKS SKRIPSI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Judul skiripsi ini adalah: “Pendidikan Inklusi Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas VII Di SMP Negeri 23 Padang” oleh Rahma Asmiati Nim 2014090017 Prodi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang. Penelitian ini dilatarbelakangi karena ditemukan beberapa masalah masih ditemukan dalam kegiatan Proses Belajar Mengajar seperti: peserta didik yang masih kurang menikmati kegiatan pembelajaran, adanya rasa mengantuk saat belajar di kelas, bosan di dalam kelas sehingga peserta didik ditemukan sering keluar-masuk kelas, serta adanya rasa acuh tak acuh dari orang tua peserta didik terhadap perkembangan dari anak yang tergolong dalam anak ABK tersebut. Batasan masalah pada penelitian ini adalah Bagaimana Pendidikan Inklusi Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas VII di SMP Negeri 23 Padang. Tujuan Umum Penelitian Ini Untuk Mengetahui Bagaimana Pelaksanaan Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Pada Pendidikan Inklusi. Sedangkan Tujuan Khusus adalah Untuk Mengetahui Kendala, upaya Mengatasi dan Bagiamana Evaluasi yang Dilakukan di Sekolah Inklusi Fokus Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di SMP Negeri 23 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field resech) dengan pendekatan kualitatif dan menggunakan metode study kasus (case study). Sumber data adalah sumber data primer yaitu guru IPS kelas VII, kepala sekolah, Guru Pendamping Khusus, dan guru mata pelajaran lainnya, Peserta didik baik itu anak normal maupun Anak Berkebutuhan Khusus kelas VII, sumber data sekunder yaitu yang meliputi data yang tersusun dalam bentuk dokumen yang menginformasikan tentang Anak Berkebutuhan Khusus. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data,penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah Pertama, kegiatan pembelajaran ilmu pengetahuan sosial di sekolah inklusi yang disamakan antara anak normal dengan anak berkebutuhan khusus. Kedua, kendala yang ditemukan masih bersifat kesiapan masing-masing guru dalam pengelolaan kelas. Ketiga, kegiatan evaluasi untuk anak inklusi bersifat individual sesuai kemampuan masing-masing peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Inklusi, Anak lambat belajar, Pembelajaran IPS
Subjects: U Umum (General) > Ilmu Sosial > Kesejahteraan Murid, Kesejahteraan Siswa
U Umum (General) > Ilmu Sosial > Anak Didik, Murid, Siswa, Pelajar
U Umum (General) > Ilmu Sosial > Subdivisi untuk Murid Khusus
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPS
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 05 Sep 2024 07:37
Last Modified: 05 Sep 2024 07:37
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/23239

Actions (login required)

View Item View Item