Nurhasnah, Nurhasnah (2024) Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Pada Pemahaman Konsep Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Di MIN 2 Padang Pariaman. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.
Text (Cover- Daftar Isi)
Cover- Daftar Isi .pdf - Published Version Download (766kB) |
|
Text (BAB I)
Skripsi Nurhasnah - 1914070035 (2)-1-13.pdf - Published Version Download (659kB) |
|
Text (BAB III)
Skripsi Nurhasnah - 1914070035 (2)-35-47.pdf - Published Version Download (876kB) |
|
Text (BAB V - Daftar Pustaka)
Skripsi Nurhasnah - 1914070035 (2)-68-72.pdf - Published Version Download (530kB) |
|
Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI NURHASNAH FULL TEXT.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya pemahaman konsep IPAS peserta didik kelas IV MIN 2 Padang Pariaman, yaitu salah satunya disebabkan oleh model pembelajaran yang kurang menarik dan variatif bagi peserta didik. Dalam proses pembelajaran peserta didik kurang terlibat dan lebih sibuk dangan kegitan lainnya, sehingga rendahnya pemahaman konsep IPAS peserta didik kelas IV MIN 2 Padang Pariaman. Berdasarkan permasalahan tersebut, di perlu di gunakan model pembelajaran problem based learning pada pemahaman konsep IPAS peserta didik kelas IV MIN 2 Padang Pariaman. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran problem based learning lebih baik terhadap pemahaman konsep peserta didik dari pada model pembelajaran langsung. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan menggunakan diseain post-test only control grup desain. Populasi dalam pemelitian ini yaitu semua peserta didik kelas IV MIN 2 Padang Pariaman, dengan menggukan teknik Pengambilan sampel yang digunakan menggunakan total sampling. Instrument yang digunakan lembar tes tertulis berupa soal esay sebanyak 10 butir soal. Data yang di ambil kemudian diuji dengan menggunkan t-test: two-sampel assuming equal variances. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam penerapan model pembelajaran problem based learning memberikan hasil yang signifikan terhadap pemahaman konsep IPAS peserta didik dengan nilai rat-rata 80 sementara pembelajaran dengan menggunkan model pembelajaran langsung memperoleh nilai rata-rata 47,22. Hasil uji t yaitu nilai sig (1-tailed) 0,00 sehingga niali sig< 0,05 pemahaman konsep peserta didik kelas IV MIN 2 Padang Pariaman menggunakan model pembelajaran problem based learning lebih baik dari pada menggunkan model pembelajaran langsung
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Problem Based Learning, Pemahaman Konsep IPAS |
Subjects: | U Umum (General) > Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ruang Baca FTK 1 |
Date Deposited: | 05 Sep 2024 06:43 |
Last Modified: | 05 Sep 2024 06:43 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/23221 |
Actions (login required)
View Item |