Jual Beli Ikan Hasil Tangkapan Menggunakan Potas Perspektif Etika Bisnis Islam di Nagari Tarung-Tarung Selatan Kec Rao Kab Pasaman

Munif, Abdul (2024) Jual Beli Ikan Hasil Tangkapan Menggunakan Potas Perspektif Etika Bisnis Islam di Nagari Tarung-Tarung Selatan Kec Rao Kab Pasaman. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover)
COVER.pdf - Published Version

Download (953kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (650kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (754kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (505kB)
[img] Text (Full Text)
FUL TEKS.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penulisan skripsi ini adalah: Pertama, untuk mendeskripsikan praktik jual beli ikan yang ditangkap dengan menggunakan potas di Nagari Tarung-Tarung Selatan, kedua, untuk menganalisis jual beli ikan yang ditangkap dengan menggunakan potas perspektif etika bisnis Islam. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research) melalui pendekatan kualitatif. Berdasarkan sumber data digunakan metode penelitian hukum empiris. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan wawancara. Adapun informan dalam penelitian ini adalah pemotas, penjual dan konsumen dan data primer Puskesmas. Data sekunder berupa jurnal-jurnal, artikel buku-buku baik manual dan berupa lainya. Kemudian data yang sudah terkumpul dianalisis secara deskriptif kualitatif. Berdasarkan penelitian yang dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa: Pertama, Praktik jual beli yang dilakukan dengan hasil menggunakan potas sama seperti jual beli ikan pada umumnya. Ada beberapa cara yang dilakukan untuk menjual ikan hasill pemotasan tersebut. 1) Dengan membawa ikan hasil tangkapan tersebut dari kampung ke kampung dengan menggunakan keranjang ikan. 2) ikan yang ditangkap dengan menggunakan potas lalu dijual kepasar. Kedua, Perspektif Etika bisnis Islam terhadap jual beli ikan hasil tangkap menggunakan potas di Nagari Tarung-Tarung Selatan. Para penjual ikan ini tidak menjalankan sesuai dengan etika bisnis Islam seperti prinsip tanggung jawab dan prinsip kejujuran. Dimana penjual menjual ikan dengan bahan terlarang seperti potas. Implikasinya menjelaskan bahwa prinsip jual beli dalam hukum ekonomi syariah mensyaratkan prinsip tanggung jawab dan kejujuran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Potas, Jual Beli, Etika Bisnis Islam
Subjects: Tajuk Subjek > Agama Islam > Fiqih > Muamalah
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Ruang Baca Fakultas Syariah
Date Deposited: 08 Sep 2024 08:58
Last Modified: 08 Sep 2024 08:58
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/23115

Actions (login required)

View Item View Item