PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA “KAHOOT!” TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 KOTA PADANG PANJANG

Indri, Vilmia (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA “KAHOOT!” TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 KOTA PADANG PANJANG. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Vilmia Indri NIM. 2014090009 COVER-DAFTAR ISI)
COVER-DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (786kB)
[img] Text (Vilmia Indri NIM. 2014090009 BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (444kB)
[img] Text (Vilmia Indri NIM. 2014090009 BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (522kB)
[img] Text (Vilmia Indri NIM. 2014090009 BAB V-DAFTAR PUSTAKA)
BAB V-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (737kB)
[img] Text (Vilmia Indri NIM. 2014090009 FULL SKRIPSI)
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Skripsi ini disusun oleh Vilmia Indri, NIM 2014090009, dengan judul “Pengaruh Penggunaan Media Kahoot! Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Kota Padang Panjang”. Program studi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial, UIN Imam Bonjol Padang, Tahun 1445 H/2024 M. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pengemasan pembelajaran yang kurang menarik, dan kesalahan dalam pemilihan media pembelajaran. Penggunaan media pembelajaran oleh guru tidak memiliki dampak positif terhadap peserta didik. Sehingga berdampak pada hasil belajar peserta didik yang kurang memuaskan. Kesalahan pemilihan media pembelajaran ini membuat suasana pembelajaran yang kurang kondusif, monoton dan membosankan, banyak dari peserta didik yang mengobrol, mengantuk dan bermain saat pembelajaran, sehingga hal ini menganggu kondisi pembelajaran dan berdampak pada hasil pembelajaran peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh penggunaan media Kahoot! terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VII SMP Negeri 1 Padang Panjang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan rancangan yang digunakan posttest only control design. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan cara mengumpulkan data dengan bantuan instrumen yang telah disusun berupa modul ajar, kisi-kisi soal test, dan soal uji coba. Selanjutnya dilakukan pengolahan data menggunkan Software SPSS versi 20. Populasi dalam penelitian ini seluruh peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Kota Padang Panjang. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Random Sampling. Teknik ini dilakukan dengan cara pengambilan sampel secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi. Sampel penelitian yang didapatkan a dalah kelas VII E sebagai kelas ekperimen dan kelas VII F sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil uji-t dengan SPSS versi 20 atau hasil analisis uji t menggunakan software SPSS 20 didapatkan hasil analisis data yakni Sig (2-tailed) sebesar 0,000. Setelah dilakukan pengujian maka t-hitung dibandingkan dengan t-tabel dengan taraf signifikan 0,05. Hasil uji t menggunakan software SPSS 20 didapatkan hasil analisis data t-hitung sebesar = 4,228 sedangkan pada 62 df= 62 dengan taraf kepercayaan 95% diperoleh t-tabel = 1,66980. Karena t-hitung > t-tabel, yaitu 4,228 > 1,66980 maka hipotesis H_0 ditolak dan H_{a\ }diterima. Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa media kahoot! berpengaruh pada hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kota Padang Panjang. Jadi dapat ditarik kesimpulan penggunaan media Kahoot! dalam pembelajaran IPS memiliki pengaruh positif pada kondisi dan suasan kelas yang sebelumnya monoton menjadi lebih interaktif dan hasil belajar yang diperoleh peserta didik antara kelas eksperimen dan kontrol juga memiliki perbedaan, dan media Kahoot! memiliki pengaruh positif terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kota Padang Panjang. Kata Kunci: Media Kahoot!, Pembelajaran IPS, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media Kahoot!, Pembelajaran IPS, Hasil Belajar.
Subjects: U Umum (General) > Ilmu Sosial
U Umum (General) > Ilmu Sosial > Alat Bantu Pembelajaran Menggunakan Permainan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPS
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 05 Sep 2024 02:37
Last Modified: 05 Sep 2024 02:37
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/23038

Actions (login required)

View Item View Item