Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament Berbantuan Media Question Card Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS Kelas VIII SMPN 5 Bukittinggi

Sari, Desi Umita (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament Berbantuan Media Question Card Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS Kelas VIII SMPN 5 Bukittinggi. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (cover sampai daftar isi)
cover - daftar isi desi.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (Bab 1)
BAB I watermak (1).pdf - Published Version

Download (664kB)
[img] Text (bab 3)
BAB III watermak (1).pdf - Published Version

Download (711kB)
[img] Text (BAB 5 Watermark)
BAB V watermak (1).pdf - Published Version

Download (594kB)
[img] Text (cover sampai bab v)
cover sampai bab v.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Judul skripsi ini adalah “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament berbantuan media Question Card Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPS Kelas VIII SMPN 5 Bukittinggi “ ditulis oleh Desi Umita Sari NIM 2014090058 jurusan Ilmu Pengetauan Sosial, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang 2024 M / 1445 H. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya minat belajar siswa ketika prose belajar mengajar, hal ini dilihat dari banyak siswa kelas VIII yang tidak menyukai pembelajaran IPS dan tidak memiliki tindakan yang mendorong untuk menyukai pembelajaran tersebut, ketertarikan siswa terhadap pembelajaran ini sangat minim hal ini dilihat dari respon siswa ketika pembelajaran berlangsung, kebanyakan siswa tidak memperhatikan pendidik ketika menjelaskan materi dan ketika dilaksanakan diskusi kelompok, kurangnya perhatian siswa hal ini dilihat dari siswa yang tidak konsentrasi saat jam pembelajaran IPS, kemauan siswa untuk menguasai materi yang diajarkan masih kurang hal ini bisa dilihat dari kurangnya kerja keras siswa untuk menguasai materi yang tela diberikan. Salah satu yang dapat dilakukan untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran Team Games Tournament berbantuan media Question Card dalam meningkatkan minat belajar siswa dalam pembelajaran IPS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament berbantuan media Question Card dalam meningkatkan minat belajar siswa dalam pembelajaran IPS di SMPN 5 Bukittinggi. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMPN 5 Bukittinggi tahun ajaran 2023 / 2024. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara sampel acak sederhana (Simple Random Sampling kelas yang dijadikan sampel yaitu kelas VIII 5 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII 6 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan menyebarkan angket uji coba terlebih dahulu untuk menentukan valid atau tidak valid setelah itu dilakukan uji reabilitas untuk mengetahui angket pernyatan tersebut reliable atau tidak, apabila angket sudah valid dan reliable maka angket pernyataan bisa untuk di ujikan. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas dengan data pretest kelas eksperimen 0,200 posttest kelas eksperimen 0,200 data pretest kelas control 0,200 dan data postest kelas control 0,200, yang mana data kelas sampel tersebut berdistribusi normal karena taraf signifikan > 0,05. Teknik yang kedua uji homogenitas dengan pengolahan data yang tela dilakukan kelas sampel memiliki varian yang homogeny yaitu dengan nilai yang signifikan 0,876 > 0,05. Hasil penelitian ini menunjukkan hasil posttest kelas kontrol dengan model konvensioal pada mata pelajaran IPS didapatkan rata rata minat belajar siswa sebesar 77,48 dengan posttest kelas eksperimen dengan model kooperatif tipe Team Games Tournament berbantuan media Question Card dalam meningkatkan minat belajar siswa dalam pembelajaran IPS didapatkan rata rata 89,92. Berdasarkan hasil uji hipotesis berdasarkan program IBS SPSS 25 didaptkan hasil analisis data yakni sig (2-tailed) sebesar 0,000 sebagai t hitung, kemudian t hitung dibandingkan dengan t tabel dengan signifikan 0,05 yakni ttabel < thitung (t tabel kecil dari t hitung ). Hasil data yang didapatkan adalah 0,000 < 0,05 (0,000 lebih kecil dari 0,05) artinya terdapat pengaruh model kooperatif tipe Team Games Tournament berbantuan media Question Card dalam meningkatkan minat belajar siswa pada pembelajaran IPS kelas VIII SMPN 5 Bukittinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran Team Games Tournament, Minat Belajar Siswa
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPS
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 04 Sep 2024 07:06
Last Modified: 04 Sep 2024 07:06
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/22786

Actions (login required)

View Item View Item