Strategi Guru Mata Pelajaran IPS dalam Menanamkan Sikap Sosial Siswa Kelas VIII di MTsN 1 Kota Payakumbuh

Suci, Nurhariani (2024) Strategi Guru Mata Pelajaran IPS dalam Menanamkan Sikap Sosial Siswa Kelas VIII di MTsN 1 Kota Payakumbuh. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

This is the latest version of this item.

[img] Text (Full Text)
Nurhariani Suci_2014090075_Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text (Cover-Daftar Isi)
Nurhariani Suci_2014090075_Cover-Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
Nurhariani Suci_2014090075_Bab I.pdf - Published Version

Download (497kB)
[img] Text (BAB III)
Nurhariani Suci_2014090075_Bab III.pdf - Published Version

Download (280kB)
[img] Text (BAB V-Daftar Pustaka)
Nurhariani Suci_2014090075_Bab V-Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (729kB)

Abstract

Nurhariani Suci NIM: 2014090075, dengan judul skripsi "Strategi Guru Mata Pelajaran IPS dalam Menanamkan Sikap Sosial Siswa Kelas VIII di MTsN 1 Kota Payakumbuh" (skripsi 2024) pada jurusan Tadris IPS Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Imam Bonjol Padang. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan terkait strategi guru mata pelajaran IPS dalam menanamkan sikap sosial siswa kelas VIII di MTsN 1 Kota Payakumbuh, berupa rendahnya sikap sosial siswa seperti kurangnya kepedulian sosial siswa dengan teman dan kurang peka terhadap lingkungan, siswa membuat kelompok masing-masing dalam satu kelas, kurangnya sikap kerjasama, toleransi dan bertanggung jawab ketika mengerjakan tugas serta menghargai perbedaan pendapat. Tujuan penelitian ini yaitu: untuk mengetahui sikap sosial siswa di MTsN 1 Kota Payakumbuh, untuk mengetahui strategi guru dalam menanamkan sikap sosial siswa melalui pembelajaran IPS MTsN 1 Kota Payakumbuh, untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat bagi guru IPS dalam menanamkan sikap sosial siswa melalui pembelajaran IPS di MTsN 1 Kota Payakumbuh. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu: metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini dengan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini yaitu pertama penanaman sikap sosial telah diajarkan oleh guru di sekolah, terutama guru IPS agar siswa memiliki sikap sosial yang baik, akan tetapi sikap sosial siswa MTsN 1 Kota Payakumbuh masih rendah contohnya kurangnya disiplin diri, kurangnya bertanggung jawab, masih kurang dalam menghargai teman di kelas, kurang bekerjasama ketika menyelesaikan tugas kelompok yang diberikan, kurangnya sikap peduli terhadap teman, dan masih memilih teman dalam bergaul. Kedua, strategi guru IPS MTsN 1 Kota Payakumbuh dalam menanamkan sikap sosial siswa kelas VIII melalui beberapa cara dalam proses pembelajaran yaitu perencanaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru IPS kelas VIII MTsN 1 Kota Payakumbuh dalam menanamkan sikap sosial siswa sudah berjalan dengan yang direncanakan. Kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru IPS kelas VIII MTsN 1 Kota Payakumbuh ini meliputi kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup, akan tetapi dalam mengaitkannya dengan sikap sosial ini sudah berjalan hanya belum maksimal saja dalam kegiatan pembelajaran tersebut. Evaluasi pembelajaran yang dilakukan oleh guru IPS kelas VIII MTsN 1 Kota Payakumbuh ini belum maksimal dalam menanamkan sikap sosial pada diri siswa. Ketiga, faktor pendukung dalam menanamkan sikap sosial siswa adalah guru dan orang tua, sedangkan faktor penghambatnya yaitu pengaruh dari lingkungan sekitar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Menanamkan Sikap Sosial, Strategi Guru, IPS
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPS
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 04 Sep 2024 06:39
Last Modified: 04 Sep 2024 06:39
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/22735

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item