Pendekatan Pembelajaran IPS Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Tipe Autisme di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Pesisir Selatan

Anisyah, Anisyah (2024) Pendekatan Pembelajaran IPS Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Tipe Autisme di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Pesisir Selatan. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (COVER-DAFTAR ISI)
ANISYAH NIM 2014090005 COVER-DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (910kB)
[img] Text (BAB I)
ANISYAH NIM 2014090005 BAB I.pdf - Published Version

Download (504kB)
[img] Text (BAB III)
ANISYAH NIM 2014090005 BAB III.pdf - Published Version

Download (387kB)
[img] Text (BAB V)
ANISYAH NIM 2014090005 BAB V.pdf - Published Version

Download (382kB)
[img] Text
ANISYAH NIM 2014090005 TIPS FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi terdapatnya peserta didik berkebutuhan khusus tipe autism pada kelas VIII dan IX di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Pesisir Selatan. Dimana dalam proses pembelajaran peserta didik autism ditempatkan pada tempat yang sama dengan peserta didik regular lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana usaha guru mata pelajaran IPS untuk dapat membelajarkan peserta didik autism melalui pendekatan pembelajaran. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan penggunaan pendekatan deskriptif kualitatif dan metode penelitian studi kasus. Adapun Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara: observasi lingkungan sekolah dan proses pembelajaran, wawancara dengan guru IPS dan peserta didik serta studi dokumentasi berupa foto dan berkas penunjang penelitian. Hasil Penelitian yakni: 1) Pada peserta didik autism kelas VIII guru IPS menggunakan pendekatan pembelajaran Humanistik dan pada kelas IX guru IPS menggunakan pendekatan pembelajaran Behavioristik. 2) Pelaksanaan langkah-langkah pembelajaran yang dilakukan dalam proses pembelajaran IPS dimulai dari kegiatan pendahuluan, inti dan penutup disesuaikan dengan kondisi peserta didik autisme. 3) Terdapat beberapa bentuk kesulitan belajar yang dihadapi pada peserta didik autisme, yakni: gangguan dibidang kominikasi, gangguan interaksi sosial, gangguan sensoris atau sentuhan, gangguan kognitif seperti disleksia, disgrafia, diskalkulia, dispraksia serta masalah dalam pengendalian emosi. 4) Berdasarkan penelitian hanya pendekatan behaviorisktik pada kelas IX saja yang efektif. Ketidakefektifan pendekatan pembelajaran humanistik pada peserta didik autism kelas VIII disebabkan kondisi peserta didik yang membutuhkan bimbingan guru pendamping khusus serta guru IPS yang tidak mendapatkan pelatihan mengajar peserta didik berkebutuhan khusus. 5) Pendekatan pembelajaran humanistik yang diberikan pada peserta didik kelas VIII memberikan perasaan dicinta dan mencintai sehingga membuat peserta didik autism terlalu dibebaskan. Sedangkan penggunaan pendekatan pembelajaran behavioristik pada peserta didik kelas IX memberikan rasa antusias yang tinggi dan terjalin interaksi antara guru dan peserta didik. Namun hasil belajar peserta didik masih jauh dari tujuan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Pembelajaran, Pembelajaran Ilmu pengetahuan Sosial, Anak Autism
Subjects: U Umum (General) > Ilmu Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPS
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 04 Sep 2024 01:56
Last Modified: 04 Sep 2024 01:56
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/22535

Actions (login required)

View Item View Item