Perjanjian Kerjasama dalam Bisnis Properti Pengadaan Rumah antara Pemilik Lahan dan Pemberi Modal Perspektif Fikih Muamalah (Studi Kasus di Parak Jigarang Kelurahan Anduring)

Juliansyah, Robi (2024) Perjanjian Kerjasama dalam Bisnis Properti Pengadaan Rumah antara Pemilik Lahan dan Pemberi Modal Perspektif Fikih Muamalah (Studi Kasus di Parak Jigarang Kelurahan Anduring). Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (COVER - DAFTAR ISI)
Robi Juliansyah. NIM 1713030184. COVER-DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
Robi Juliansyah. NIM 1713030184. BAB I.pdf - Published Version

Download (718kB)
[img] Text (BAB III)
Robi Juliansyah. NIM 1713030184. BAB III.pdf - Published Version

Download (605kB)
[img] Text (BAB V - DAFTAR PUSTAKA)
Robi Juliansyah. NIM 1713030184. BAB V-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (498kB)
[img] Text (FULL TEXT)
Robi Juliansyah. NIM 1713030184. SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penulisan skripsi ini bermaksud untuk meneliti bagaimana perjanjian kerjasama dalam bisnis property pengadaan rumah antara pemilik lahan dan pemberi modal di Parak Jigarang Kelurahan Anduring perspektif Fikih Muamalah. skripsi ini dilatarbelakangi oleh kesepakatan untuk melakukan Perjanjian Kerjasama antara Pemilik Lahan dan Pemberi Modal di Parak Jigarang Kelurahan Anduring. kerjasama ini terjadi karena adanya kebutuhan antara pemilik lahan dan pemberi modal. Pemilik modal yang tidak mempuyai lahan dapat mendirikan bangunan ditanah atau lahan pemilik lahan. Adapun yang menjadi pertanyaan penelitian dalan hal ini adalah: Pertama Bagaimanakah bentuk perjanjian yang digunakan pada praktik kerjasama dalam bisnis property pengadaan rumah di Parak Jigarang Kelurahan Anduring?, Kedua Bagaimanakah perjanjian kerjasama dalam bisnis property pengadaan rumah di Parak Jigarang menurut Perspektif Fiqih Muamalah? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, maka penulis melakukan penelitian lapangan (field research). Adapun yang menjadi informan penelitian ini adalah dua orang yang melakukan perjanjian kerjasama di Parak Jigarang Kelurahan Anduring. Data yang digunakan pada peneltian ini terdiri atas dua yaitu: Pertama sumber data primer adalah data yang diperoleh langsung dari objek yang diteliti atau data yang di dapat di lapangan, Kedua sumber data sekunder adalah sumber data sekunder ini berisi dokumen, buku-buku dan karya ilmiah yang relevan dengan objek tema penelitian. Dan teknik pengumpulan data yaitu berupa wawancara. Analisis yang digunakan adalah analisis kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian perjanjian kerjasama yang dilakukan karena adanya unsur saling membutuhkan antara pemilik lahan dan pemberi modal. Secara umum perjanjian kerjasama ini tidak masalah. Ditinjau dari perspektif Fiqih muamalah perjanjian kerjasama ini adalah sah. Alasan tersebut karena perjanjian kerjasama dilakukan dengan kekeluargaan, kejujuran oleh kedua belah pihak serta tidak bertentangan dengan al-qur’an dan sunnah rasul serta tidak mengandung mudharat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Perjanjian Kerjasama dalam Bisnis, Fikih Muamalah
Subjects: Tajuk Subjek > Agama Islam > Fiqih > Muamalah
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Ruang Baca Fakultas Syariah
Date Deposited: 03 Sep 2024 02:06
Last Modified: 03 Sep 2024 02:06
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/22311

Actions (login required)

View Item View Item