Pengaruh Penggunaan Media Crossword Puzzle Bergambar Terhadap Penguasaan Kosakata Peserta Didik Kelas III Di MIN 1 Kota Pariaman

Hamidah, Hamidah (2024) Pengaruh Penggunaan Media Crossword Puzzle Bergambar Terhadap Penguasaan Kosakata Peserta Didik Kelas III Di MIN 1 Kota Pariaman. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover-Daftar Isi)
Cover-Daftar isi hamidah.pdf - Published Version

Download (596kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (302kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III (1).pdf - Published Version

Download (504kB)
[img] Text (BAB V- Daftar Pustaka)
BAB V- Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (334kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI HAMIDAH FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Judul skripsi ini adalah “Pengaruh Penggunaan Media Crossword Puzzle Bergambar terhadap Penguasaan Kosakata Peserta Didik Kelas III di MIN 1 Kota Pariaman” ditulis oleh Hamidah, NIM 2014070059, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya penguasaan Kosakata peserta didik dari beberapa indikator Kosakata hanya beberapa indikator yang terlihat di lapangan pada penelitian ini yaitu mengartikan kata sesuai makna dan partisipasi peserta didik dalam kegiatan pembelajaran dan belum tersedianya media pembelajaran Crossword puzzle di MIN 1 Kota Pariaman. Kosakata peserta didik yang rendah akan berpengaruh pada hasil belajar peserta didik. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menggunakan media Crossword puzzle (teka-teki silang). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaru penggunaan Media Pembelajaran Crossword puzzle bergambar terhadap Penguasaan Kosakata Peserta Didik Kelas III di MIN 1 Kota Pariaman serta untuk mengetahui apakah ada perbedaan sebelum diberikan perlakuan (treatmen) dengan sesudah diberikan perlakuan (treatmen) pada saat posttest. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Quasi Exsperimen dengan menggunakan desain Posttest-only Control Group Desaign.. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes dan dokumentasi, dengan populasi kelas III.A dan kelas III.B sebanyak 52 peserta didik dan pengambilan sampel dengan teknik pengambilan sampel total sampling diperoleh sampel Kelas III.A sebagai kelas Kontrol dan kelas III.B sebagai kelas Ekpserimen. Sedangkan analisis data dilakukan dengan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis dengan menggunakan spss 20. Hasil penelitian ini adalah pertama pada pengolahan data menunjukkan bahwa pada kelas eksperimen menunjukkan nilai rata-rata 34,61% berada pada klasifikasi tinggi sedangkan pada kelas kontrol menunjukkan nilai rata-rata 30,76% berada pada klasifikasi sedang, kedua uji normalitas menunjukkan data berdistribusi normal ( Uji liliefors > 0,05) dan uji homogen (sign 0.358 >0,05), ketiga hasil uji hipotesis menunjukkan adanya perbedaan sebelum perlakuan (treatmen) dan sesudah perlakuan (treatmen) yaitu signifikan (2-tailed) adalah sebesar 0,00 < 0,05 Maka Ho ditolak dan Ha diterima membuktikan adanya perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol terhadap penguasaan Kosakata peserta didik di kelas III MIN 1 Kota Pariaman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Crossword Puzzle, Penguasaan Kosakata
Subjects: U Umum (General) > Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 03 Sep 2024 08:09
Last Modified: 03 Sep 2024 08:09
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/22287

Actions (login required)

View Item View Item