Purnama Sari, Aisyah (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Terhadap Keaktifan Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran IPS Kelas VIII di MTsN 6 Agam. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.
Text (Cover- Daftar Isi)
Aisyah Purnama Sari. NIM 2014090037. Cover-Daftar Isi.pdf - Published Version Download (508kB) |
|
Text (BAB I)
Aisyah Purnama Sari. NIM 2014090037. BAB I.pdf - Published Version Download (301kB) |
|
Text (BAB III)
Aisyah Purnama Sari. NIM 2014090037. BAB III.pdf - Published Version Download (420kB) |
|
Text (BAB V dan Daftar Pustaka)
Aisyah Purnama Sari. NIM 2014090037. BAB V dan Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (216kB) |
|
Text (Skripsi Full Text)
Aisyah Purnama Sari. NIM 2014090037. Full Text.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian dilatarbelakangi oleh peserta didik yang masih kurang memperhatikan guru, masih ada sebagian dari peserta didik yang tidak aktif dalam proses pembelajaran, ketika pendidik mengajukan pertanyaan tentang materi kebanyakan peserta didik hanya diam, dan tidak berani untuk mengemukakan pendapatnya, tidak percaya diri tampil dalam bertanya. Oleh karena itu, diperlukan inovasi dalam penelitian ini untuk meningkatkan keaktifan belajar peserta didik dalam pembelajaran IPS menggunakan model pembelajaran reciprocal teaching. Tujuan penelitian ini (1) Untuk mengetahui keaktifan belajar peserta didik di kelas yang menggunakan model konvensional, (2) Untuk mengetahui keaktifan belajar peserta didik di kelas yang menggunakan model reciprocal teaching, (3) Untuk mengetahui pengaruh model reciprocal teaching terhadap keaktifan belajar peserta didik di MTsN 6 Agam. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis Quasi Eksperimen, dengan desain nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VIII MTsN 6 Agam tahun ajaran 2023/2024, dengan sampel penelitian kelas VIII.4 sebagai kelas kontrol, VIII.5 sebagai kelas eksperimen. Teknik dalam menguji hipotesis menggunakan uji-t independent sampel dengan program IBM SPSS 20. Berdasarkan klasifikasi hasil post-test kelas kontrol dengan model konvensional pada mata pelajaran IPS didapatkan rata-rata keaktifan belajar peserta didik sebesar 108,68 berada pada kategori rendah, dan kelas eksperimen dengan model reciprocal teaching pada mata pelajaran IPS didapatkan rata-rata sebesar 122,71 berada pada kategori tinggi. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan program IBS SPSS 20 didapatkan hasil analisis data yakni sig (2-tailed) sebesar 0,000 sebagai t hitung, kemudian dibandingkan dengan t tabel dengan tingkat signifikan 0,05, yakni t_(tabel )< t_(hitung ) (t tabel kecil dari t hitung). Hasil data yang didapatkan adalah 0,000 < 0,05 (0,000 kecil dari 0,05) artinya terdapat pengaruh model reciprocal teaching terhadap keaktifan belajar dalam pembelajaran IPS peserta didik di MTsN 6 Agam.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran, Reciprocal Teaching, dan Keaktifan Belajar |
Subjects: | Tajuk Subjek > Ilmu Sosial > Pendidikan > Guru dan Aktivitas Pembelajaran > Metode Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPS |
Depositing User: | Ruang Baca FTK 1 |
Date Deposited: | 02 Sep 2024 09:55 |
Last Modified: | 02 Sep 2024 23:53 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/22262 |
Actions (login required)
View Item |