Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Aplikasi Kahoot! Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Kelas IV di MIN 9 Pesisir Selatan

Annisa Humaira Vinna, Vinna (2024) Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Aplikasi Kahoot! Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Kelas IV di MIN 9 Pesisir Selatan. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover-Daftar Isi)
Cover-Daftar Isi PINA.pdf - Published Version

Download (736kB)
[img] Text (BAB I)
BAB 1 PINA.pdf - Published Version

Download (756kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III PINA.pdf - Published Version

Download (862kB)
[img] Text (BAB V-Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA PINA_merged.pdf - Published Version

Download (759kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI VINNA ANISA HUMAIRA FULL TEXT 2.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Kahoot! Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Kelas IV di MIN 9 Pesisir Selatan”. Oleh Vinna Annisa Humaira NIM 2014070067, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Imam Bonjol Padang. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik yang disebabkan oleh beberapa hal, seperti pendidik belum mampu mengembangkan media pembelajaran inovatif yang dapat menarik perhatian peserta didik. Kemampuan pemecahan masalah peserta didik yang rendah akan berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik. Upaya dalam mengatasi masalah tersebut peneliti mengembangkan media pembelajaran Kahoot! terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Tujuan dari penelitian untuk mengembangkan media pembelajaran Kahoot! terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas IV. Untuk mengetahui kualitas penggunaan media pembelajaran Kahoot! ini pada aspek validitas dan praktikalitas. Penelitian ini merupakan penelitian Pengembangan Research and Development, dengan menggunakan model 4D yang terdiri dari 4 tahapan yaitu (1) Define, (2) Design, (3) Develop, (4) Dessiminate. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket validasi dan angket praktikalitas. Uji validasi media pembelajaran Kahoot! diberikan kepada 4 orang validator ahli, dinilai dari 1 aspek bahasa, 1 aspek media, dan 2 aspek materi. Uji praktikalitas diberikan kepada 1 orang pendidik dan 19 orang peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran Kahoot! sudah valid dan praktis diperoleh rata-rata 92,83%. Media Kahoot! dikategorikan sangat valid dari segi bahasa, materi, dan media sehingga diperoleh rata-rata 92,83%. Media Kahoot! dikategorikan sangat praktis oleh pendidik dan peserta didik diperoleh rata-rata 90% dan 93%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media Kahoot! terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas IV dikategorikan sangat valid dan sangat praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Aplikasi KAHOOT!, Kemampuan Pemecahan Masalah
Subjects: U Umum (General) > Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 04 Sep 2024 06:54
Last Modified: 04 Sep 2024 06:54
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/22251

Actions (login required)

View Item View Item