Putri, Listyana Reynaldi (2024) Hubungan Gaya Belajar dengan Minat Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Fikih Kelas X di MAN 2 Payakumbuh. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.
Text (COVER-DAFTAR ISI LISTYANA)
COVER-DAFTAR ISI LISTYANA.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text (BAB I LISTYANA)
BAB I LISTYANA.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (623kB) |
|
Text (BAB III LISTYANA)
BAB III LISTYANA.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (664kB) |
|
Text (BAB V-DAFTAR PUSTAKA LISTYANA)
BAB V-DAFTAR PUSTAKA LISTYANA.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (453kB) |
|
Text (FULL-TEKS SKRIPSI LISTYANA)
FULL-TEKS SKRIPSI LISTYANA R.P.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Judul Skripsi ini adalah “Hubungan Gaya Belajar dengan Minat Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Fikih Kelas X di MAN 2 Payakumbuh” ditulis oleh Listyana Reynaldi Putri, NIM. 2014010071 Program Studi Pendidikan Agama Islam Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang. Latar belakang penulisan skripsi ini adalah kurangnya variasi dan inovasi dalam metode pembelajaran yang menyebabkan peserta didik bosan dan tidak termotivasi. Pendidik sering kali tidak memiliki waktu untuk mengembangkan strategi yang menarik minat dan sesuai dengan gaya belajar peserta didik. Akibatnya, banyak peserta didik yang kurang antusias dan aktif dalam pembelajaran. Untuk memastikan penelitian ini tetap fokus, pembatasan masalah yang ditetapkan meliputi: gaya belajar peserta didik mata pelajaran Fikih, minat belajar peserta, dan hubungan gaya belajar dengan minat belajar peserta didik pada mata pelajaran fikih kelas X MAN 2 Payakumbuh. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana gambaran gaya belajar peserta didik dalam pelaksanaan pembelajaran Fikih kelas X di MAN 2 Payakumbuh, bagaimana gambaran minat belajar peserta didik pada mata pelajaran Fikih kelas X di MAN 2 Payakumbuh, dan apakah terdapat hubungan yang signifikan antara gaya belajar dengan minat belajar peserta didik pada mata pelajaran Fikih kelas X di MAN 2 Payakumbuh. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran gaya belajar peserta didik dalam pelaksanaan pembelajaran Fikih kelas X di MAN 2 Payakumbuh, untuk mengetahui gambaran minat belajar peserta didik pada mata pelajaran Fikih kelas X di MAN 2 Payakumbuh, dan untuk mengetahui hubungan signifikan antara gaya belajar dengan minat belajar peserta didik pada mata pelajaran Fikih kelas X di MAN 2 Payakumbuh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif korelasional dengan rumus statistic korelasi product moment. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui angket atau kuesioner, dengan populasi 421 peserta didik dan pengambilan sampel dengan teknik pengambilan saampel purposive sampling diperoleh sampel sebanyak 68 responden dari kelas X di MAN 2 Payakumbuh. Sedangkan analisis data menggunakan statistik deskriptif, uji prasyarat, dan analisis uji hipotesis dengan rumus korelasi product moment, serta interpretasi kekuatan hubungan menggunakan koefesian determinasi (r^2). Hasil penelitian ini adalah pertama pada pengolahan data menunjukkan bahwa dari 68 responden, 25% berada pada klasifikasi cukup rendah untuk variabel X (Gaya belajar peserta didik) dan 23,53% pada klasifikasi sedang untuk variabel Y (minat belajar), kedua uji asumsi menunjukkan data berdistribusi normal (sign. 0,200 > 0,05), uji linearitas (sign 0,713 > 0,05) dan uji homogen (sign. uji Levene 0,979 > 0,05), ketiga hasil uji korelasi Pearson menunjukkan adanya korelasi yang signifikan dan kuat antara variabel X dan Y (nilai r hitung 0,604 > nilai r tabel 0,235; sign 0,000 < 0,05), maka diperoleh Ho ditolak dan Ha diterima dengan koefisien determinasi 36,48% ini berarti terdapat hubungan yang signifikan antara gaya belajar dengan minat belajar peserta didik
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Minat belajar, gaya belajar |
Subjects: | U Umum (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ruang Baca FTK 1 |
Date Deposited: | 02 Sep 2024 09:30 |
Last Modified: | 02 Sep 2024 09:30 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/22218 |
Actions (login required)
View Item |