Yuliana, Yuliana (2024) Pengaruh Strategi Mind Mapping Berbantuan Aplikasi Mindomo Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas VIII di SMP Negeri 6 Pariaman. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.
Text (Cover-Daftar Isi)
Cover-Daftar Isi (3).pdf - Published Version Download (782kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I (4).pdf - Published Version Download (322kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III (3).pdf - Published Version Download (425kB) |
|
Text (BAB V-Daftar Pustaka)
BAB V-DAFTAR PUSTAKA (1).pdf - Published Version Download (263kB) |
|
Text (Skripsi Full)
Skripsi Full...pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh penggunaan strategi pembelajaran yang kurang bervariasi, sehingga menyebabkan rendahnya hasil belajar peserta didik pada mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas VIII di SMP Negeri 6 Pariaman tahun ajaran 2023/2024 yang sebagian besar nilai peserta didik belum mencapai Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP) yang telah ditetapkan oleh sekolah yaitu 60. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh strategi Mind Mapping berbantuan aplikasi Mindomo terhadap hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas VIII di SMP Negeri 6 Pariaman. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan jenis penelitian Quasi Eksperiment Design atau eksperimen semu. Sedangkan desain penelitiannya The Matching-Only Posttest-Only Control Group Design. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 6 Pariaman tahun pembelajaran 2023/2024 dengan sampel kelas VIII.2 sebagai kelas kontrol dan kelas VIII.3 sebagai kelas eksperimen. Teknik Pengumpulan datanya menggunakan teknik tes. Sedangkan teknik analisis data menggunakan Microsoft Excel dan SPSS versi 20 kemudian di deskripsikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai post-test di kelas eksperimen adalah 74,70 dan kelas kontrol 59,80. Hal ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar kognitif pada kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas control. Berdasarkan uji hipotesis diketahui bahwa nilai thitung = 3,267 yang signifikansinya 0,002. Dari hasil penghitungan, dapat diketahui bahwa 3,267 > 1.674 atau dengan kata lain thitung > ttabel dengan nilai signifikasi diperoleh yaitu 0,002 atau < 0,05 yang berarti membuktikan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh strategi Mind Mapping berbantuan aplikasi Mindomo terhadap hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas VIII di SMP Negeri 6 Pariaman
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Mind Mapping, Aplikasi Mindomo, Hasil Belajar |
Subjects: | Tajuk Subjek > Ilmu Sosial > Pendidikan > Guru dan Aktivitas Pembelajaran > Metode Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPS |
Depositing User: | Ruang Baca FTK 1 |
Date Deposited: | 03 Sep 2024 02:00 |
Last Modified: | 03 Sep 2024 02:00 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/22159 |
Actions (login required)
View Item |