Analisis Perbandingan Kinerja Keuangan Bank Pembangunan Daerah Syariah Hasil Spin Off dan Konversi Triwulan I-Iv Periode 2018-2023

Oktisa, Febiola (2024) Analisis Perbandingan Kinerja Keuangan Bank Pembangunan Daerah Syariah Hasil Spin Off dan Konversi Triwulan I-Iv Periode 2018-2023. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover-Daftar Isi)
COVER-DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (593kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (380kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (380kB)
[img] Text (BAB V-DAFTAR PUSTAKA)
BAB V-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (232kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pembentukan bank syariah dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti pemisahan (spin-off), akuisisi, dan konversi. Spin-off lebih baik dilakukan dibandingkan konversi jika dilihat dari segi dampaknya, karena konversi dapat memberikan dampak yang kurang baik maka tidak sesuai dengan tujuan restrukturisasi perusahaan. Bank pembangunan daerah harus mempertimbangkan berbagai faktor penting yang dapat memberikan kondisi terbaik bagi perkembagan usaha kedepannya terutama dalam menghasilkan laba. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja keuangan bank Pembangunan daerah syariah hasil spin off dan konversi dilihat dari rasio ROA,ROE,NOM,NI dan BOPO. Penelitian ini dilakukan pada Bank BJB Syariah sebagai sampel BPD Syariah hasil spin-off, sedangkan Bank Aceh Syariah sebagai sampel BPD Syariah hasil konversi Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah lapran triwulan I-IV tahun 2018-2023 pada bank Pembangunan daerah hasil spin of dan konversi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji beda Mann-Whitney Test. Berdasarkan hasil analisi rata-rata menujukkan bahwa kinerja keuangan BPD syariah hasil konversi jauh lebih baik daripada BPD syariah hasil spin off. Hasil penelitian juga menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan jika dilihat dari rasio ROE,NOM,NI dan BOPO. Namun pada rasio ROA tidak terdapat perbedaan yang signifikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: konversi, Rasio Keuangan, spin off.
Subjects: Tajuk Subjek > Ilmu Sosial > Ilmu Ekonomi > Ekonomi Keuangan > Bank, Perbankan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ruang Baca FEBI
Date Deposited: 03 Sep 2024 01:53
Last Modified: 03 Sep 2024 01:53
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/22018

Actions (login required)

View Item View Item