Asiah, Nur (2024) IMPLEMENTASI PENEMPATAN JURUSAN BERDASARKAN MINAT DAN KEMAMPUAN SISWA DI KELAS X MAN KOTA SOLOK. Skripsi thesis, UIN IMAM BONJOL PADANG.
Text (COVER - DAFTAR ISI)
Cover-Daftar Isi.pdf - Published Version Download (803kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (212kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version Download (210kB) |
|
Text (BAB V - DAFTAR PUSTAKA)
BAB V - DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (212kB) |
|
Text (FULL SKRIPSI)
FULL SKRIPSI .pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Nur Asiah, NIM: 2014030030, dengan judul skripsi "Implementasi Penempatan Jurusan Berdasarkan Minat dan Kemampuan Siswa di Kelas X MAN Kota Solok", pada jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penempatan jurusan di Kelas X MAN Kota Solok. Dengan pelaksanaan penempatan jurusan yang dilasanakan oleh siswa belum optimal karena madrasah belum menyediakan alokasi jam khusus bagi guru BK untuk siswa dalam melaksanakan bimbingan individual. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pelaksanaan layanan penempatan jurusan di MAN Kota Solok serta mengetahui upaya madrasah dalam mengenali minat dan kemampuan siswa untuk penempatan jurusan IPS, IPA, dan IPK. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi langsung, dan dokumentasi. Sampel penelitian melibatkan wakil kepala kesiswaan, seorang guru bimbingan dan konseling (BK), wali kelas X, serta seorang siswa kelas X. Salah satu upaya penting yang dilakukan oleh MAN Kota Solok dalam mengenali minat dan kemampuan siswa adalah mengadakan tes minat dan kemampuan melalui angket serta bimbingan konseling. Tes ini diselenggarakan oleh wakil kepala kesiswaan yang bekerja sama dengan guru BK dan wali kelas X. Hasil penelitian di MAN Kota Solok mengenai penempatan jurusan siswa menunjukkan bahwa pelaksanaan layanan penempatan jurusan yang matang dan sistematis sangat penting untuk keberhasilan program tersebut. Proses ini mencakup identifikasi kebutuhan siswa melalui wawancara individual untuk mengetahui minat dan kemampuan siswa, yang kemudian menjadi dasar dalam merancang program yang sesuai. Pengembangan alat penilaian yang valid dan reliabel, seperti angket minat dan kemampuan, digunakan untuk mengukur minat dan kemampuan siswa secara akurat. Pelatihan bagi tenaga pendidik dan konselor tentang alat penilaian, teknik konseling, juga diperlukan untuk meningkatkan kompetensi dalam memberikan bimbingan efektif. Meskipun implementasi layanan penempatan jurusan berjalan cukup baik dan berhasil meningkatkan motivasi serta prestasi akademik siswa, masih terdapat hambatan seperti kurangnya pemahaman siswa dan orang tua tentang pentingnya penempatan jurusan berdasarkan minat dan kemampuan, serta keterbatasan sumber daya seperti tenaga pendidik yang terlatih. Tes minat dan kemampuan, bersama dengan bimbingan konseling yang komprehensif, terbukti efektif dalam mengidentifikasi potensi dan preferensi siswa, membantu mereka membuat keputusan yang lebih baik mengenai pilihan jurusan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penempatan Jurusan, Minat dan Kemampuan |
Subjects: | D History General and Old World > D History (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Ruang Baca FTK 1 |
Date Deposited: | 30 Aug 2024 07:28 |
Last Modified: | 30 Aug 2024 07:28 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/22012 |
Actions (login required)
View Item |