Ray, Ica Ramandha (2024) Pengaruh Strategi Individual Learning dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas VII di SMP Negeri 2 Padang Panjang. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.
Text (Cover-Daftar Isi)
Cover-Daftar Isi (Ica Ramandha Ray 2014010130).pdf - Published Version Download (942kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I (Ica Ramandha Ray 2014010130).pdf - Published Version Download (585kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III (Ica Ramandha Ray 2014010130).pdf - Published Version Download (731kB) |
|
Text (BAB V dan Daftar Pustaka)
BAB V dan Daftar Pustaka (Ica Ramandha Ray 2014010130).pdf - Published Version Download (341kB) |
|
Text (Skripsi Fulltext)
Skripsi Fulltext (Ica Ramandha Ray 2014010130).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini yaitu (1) untuk mengetahui kemandirian belajar peserta didik sebelum menggunakan strategi individual learning pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti di kelas VII SMP Negeri 2 Padang Panjang, (2) untuk mengetahui kemandirian belajar peserta didik setelah menggunakan strategi individual learning pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti di kelas VII SMP Negeri 2 Padang Panjang, dan (3) untuk mengetahui pengaruh strategi individual learning dalam meningkatkan kemandirian belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti di kelas VII SMP Negeri 2 Padang Panjang. Jenis penelitian ini adalah quasi experimen dengan desain pre test-post test control group desain. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Padang Panjang tahun ajaran 2023/2024 dengan jumlah 105 orang, sedangkan sampelnya adalah kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan VII B sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data dilakukan dengan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis prasyarat dan uji hipotesis. Hasil penellitian menunjukkan rata-rata kemandirian belajar sebelum menerapkan strategi individual learning adalah 64 dan rata-rata kemandirian belajar setelah menerapkan strategi indivdual learning adalah 71. Berdasarkan uji hipotesis dengan SPSS versi 29 diperoleh sig α < 0,05 yaitu 0,03 artinya 0,03 < 0,05 maka Ha diterima dan H0 ditolak dan T hitung > T tabel yaitu 2.204 > 2.004 artinya Ha yang mengatakan terdapat pengaruh strategi individual learning dalam meningkatkan kemandirian belajar peserta didik kelas VII pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dan budi Pekerti SMPN Negeri 2 Padang Panjang.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Individual Learning, Kemandirian Belajar |
Subjects: | Tajuk Subjek > Agama Islam > Pendidikan Agama Islam Tajuk Subjek > Ilmu Sosial > Pendidikan > Guru dan Aktivitas Pembelajaran > Metode Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ruang Baca FTK 1 |
Date Deposited: | 31 Aug 2024 10:12 |
Last Modified: | 31 Aug 2024 10:12 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/22008 |
Actions (login required)
View Item |