Pengaruh Gaya Kepemimpinan Demokratis Terhadap Motivasi Dan Kinerja Tenaga Kependidikan di MAN 2 Pesisir Selatan

Febriyani, Luziona (2024) Pengaruh Gaya Kepemimpinan Demokratis Terhadap Motivasi Dan Kinerja Tenaga Kependidikan di MAN 2 Pesisir Selatan. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover dll)
Luziona Febriyani (2014030025) Cover- Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (869kB)
[img] Text (BAB (1))
BAB I Aploud Repository.pdf - Published Version

Download (323kB)
[img] Text (BAB (III))
BAB III Repository.pdf - Published Version

Download (749kB)
[img] Text (BAB V- Daftar Pustaka)
BAB V Repository.pdf - Published Version

Download (297kB)
[img] Text (Fulltext)
Luziona Febriyani (2014030025) Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya kepemimpinan demokratis dalam memberikan dorongan untuk meningkatkan kinerja tenaga kependidikan sehingga tercipta kinerja yang efektif dan efesien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana gaya kepemimpinan demokratis terhadap motivasi dan kinerja tenaga kependidikan di MAN 2 Pesisir Selatan. Hipotesis yang diajukan apakah terdapat pengaruh antara gaya kepemimpinan demokratis terhadap motivasi dan kinerja tenaga kependidikan di MAN 2 Pesisir Selatan. Penelitian ini merupakan field research (peneilitian lapangan), dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode penelitian ini menggunakan Uji F dengan Uji Regresi Linear berganda. Populasi dalam penelitian ini adalah 35 orang tenaga kependidikan yang diambil menggunakan total sampling. Instrumen penelitian menggunakan 3 (tiga) angket. Yaitu angket tentang Gaya kepemimpinan demokratis. Motivasi dan Kinerja tenaga kependidikan. Data diolah dengan menggunakan statistik product and service solution (SPSS) Ver 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan demokratis dengan persentase 89% dengan kategori nilai tinggi, kemudian motivasi dengan persentase 79% dengan kategori nilai cukup tinggi, kemudian kinerja tenaga kependidikan 87% dengan kategori tinggi, untuk total interprestasi total keseluruhan variabel 79% dengan kategori cukup tinggi. Serta terdapat pengaruh antara gaya kepemimpinan demokratis terhadap motivasi dan kinerja tenaga kependidikan hal tersebut berdasarkan hasil uji regresi linear berganda dengan menggunakan SPSS versi 26 dengan nilai Ftabel pada n= 33 2,034 untuk taraf signifikan 0,05 dimana di peroleh Fhitung sebesar 5,854 pada n= 33, serta hasil signifikan 0,000 ≤ 0,05 dengan demikian maka Fhitung > FTabel yaitu (5,854 > 2,034), dan nilai signifikan 0,000 ≤ 0,05 yang berarti gaya kepemimpinan demokratis terhadap motivasi dan kinerja tenaga kependidikan memiliki pengaruh. Kata Kunci : Gaya Kepemimpinan Demokratis, Motivasi, Kinerja

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Gaya Kepemimpinan Demokratis, Motivasi, Kinerja
Subjects: Tajuk Subjek > Teknologi, Ilmu Terapan > Manajemen dan Ilmu Berkaitan > Manajemen Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 30 Aug 2024 10:11
Last Modified: 30 Aug 2024 10:11
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/21915

Actions (login required)

View Item View Item