Afmila, Ervi (2024) Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah Pada Produk Tabungan iB SiAga di PT. KB Bank Syariah Cabang Padang. Diploma thesis, UIN Imam Bonjol Padang.
Text (1. Cover baru ervi)
1. Cover baru ervi.pdf - Published Version Download (762kB) |
|
Text (BAB III Ervi)
BAB III Ervi.pdf - Published Version Download (487kB) |
|
Text (BAB 1 Ervi)
BAB I Ervi.pdf - Published Version Download (522kB) |
|
Text (BAB V Ervi)
BAB V Ervi.pdf - Published Version Download (413kB) |
|
Text (Fulltext)
11.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran yang diterapkan KB Bank Syariah dalam meningkatkan jumlah nasabah tabungan iB SiAga. Selain itu, penelitian ini juga akan mengevaluasi strategi analisis SWOT yaitu Strengths (Kekuatan), Weaknesses (Kelemahan), Opportunities (Peluang), dan Threats (Tantangan) yang dihadapi oleh KB Bank Syariah dalam memasarkan produk tabungan iB SiAga. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara langsung dengan pihak-pihak terkait, termasuk teller, dan relationship officer serta nasabah PT. KB Bank Syariah Cabang Padang. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi pemasaran dalam meningkatkan jumlah nasabah pada produk tabungan iB SiAga menggunakan strategi marketing mix yang terdiri dari 7P yaitu, Product (Produk) KB Bank Syariah menyediakan fasilitas M-Banking 24 jam, mendapatkan kartu ATM, dapat dijadikan rekening matic, Price (Harga) KB Bank Syariah memiliki setoran awal yang terjangkau yaitu Rp. 50.000.00,- untuk saldo minimal yang tersisa di rekening sekitar Rp. 35.000.00,- dan termasuk biaya administrasi yang rendah yaitu Rp. 2.500.00,- per bulan, dan untuk nasabah yang memiliki saldo rata-rata Rp. 500.000.00,- berhak untuk mendapatkan bonus 0,05%, Place (Tempat) KB Bank Syariah memiliki lokasi yang berada dipusat kota, akan tetapi untuk kantor cabang hanya ada satu di kota Padang, Promotion (Promosi) yang dilakukan KB Bank Syariah yaitu dengan promosi lewat media dan website serta membagikan brosur langsung ke nasabah sehingga dapat mengetahui kelemahan produk dan keluhan yang dirasakan oleh nasabah, People (Orang) KB Bank Syariah selalu melayani nasabah dengan baik dan selalu mengutamakan kepuasan nasabah dan sudah bekerja sesuai Strandar Operasional Prosedur (SOP) masing-masing, Process (Proses) memberikan pelayanan yang baik seperti kemudahan dalam pembukaan rekening dan transaksi, Physical Evidence (Bukti Fisik) memberikan fasilitas ruangan seperti ruangan yang ber AC dan tempat parkir yang luas. Selain itu KB Bank Syariah juga menggunakan strategi analisis SWOT yaitu Strengths (Kekuatan) dalam memasarkan produk tabungan adalah melalui personal selling door to door, namun Weaknesses (Kelemahan) memerlukan banyak waktu dan biaya. Opportunities (Peluang) cukup besar karena mayoritas penduduk adalah muslim dan terdapat berbagai jenis tabungan dengan bonus atau bagi hasil yang tinggi. Threats (Tantangan) adalah memiliki produk dan layanan yang serupa dengan lembaga keuangan lainnya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Pemasaran, Nasabah, Produk Tabungan |
Subjects: | Tajuk Subjek > Ilmu Sosial > Ilmu Ekonomi > Ekonomi Keuangan > Bank, Perbankan Tajuk Subjek > Teknologi, Ilmu Terapan > Manajemen dan Ilmu Berkaitan > Manajemen Umum > Manajemen Pemasaran |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > D3 Manajemen Perbankan Syariah |
Depositing User: | Ruang Baca FEBI |
Date Deposited: | 03 Sep 2024 00:01 |
Last Modified: | 03 Sep 2024 00:01 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/21807 |
Actions (login required)
View Item |